Malam Penganugerahan Zakat dan Wakaf Oleh Mentri Agama RI

Share

Suatu kesyukuran dan kebanggan yang luar biasa, mahasiswa UNIDA Gontor Program Studi Ekonomi Islam dapat andil dan berperan bersama teman-teman FoSSEI (Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam) sebagai Panitia dalam acara Malam Penganugrahan Zakat dan Wakaf 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerrian Agama Republik Indonesia. Mereka ialah, Wildan Ainun Mardianto, Akmal Fauzan Saputra, Siska Arie Novita dan Chindy Chintya Cahya. Acara ini diadakan pada tanggal 10 November 2019 di hotel Royal Kunigan Jakarta Selatan yang dihadiri oleh menteri agama Bapak Facrul Razi. Dalam Acara ini Kementrian Agama memberikan penghargaan sekaligus menyampaikan apresiasinya yang telah berkontribusi dalam pengembangan zakat dan wakaf kepada tujuh tokoh inspiratif zakat dan wakaf.

Ketujuh tokoh inspiratif zakat dan wakaf tersebut adalah Tengku Muhammad Hasby As-Shidieqy (alm), Muhammad Tholchah Hasan (alm), Uswatun Hasanah (almh), Didin Hafidhuddin, Achmad Subianto, Tulus Sastrowijoyo dan Irfan Junaedi. “Pahlawan-pahlawan yang kita hormati jasa-jasanya itu bukan saja yang terbaring di Makam Pahlawan Kalibata (10 November peringatan hari pahlawan), di semua tempat, yang masih hidup pun termasuk pahlawan-pahlawan yang harus kita hormati, seperti 7 tokoh inspiratif zakat dan wakaf”, tutur beliau diawal sambutannya.

Dalam sambutannya bapak menteri agama juga menyampaikan bahwa zakat dan wakaf di Indonesia ini kurang maksimal “Zakat itu hukumnya wajib, tapi juga banyak orang yang belum membayar zakat, alasannya adalah pertama mungkin tidak terpanggil untuk membayar, kedua ia tidak mengetahui cara pelaksanaannya dan yang ketiga mungkin dia tidak percaya kepada panitia-panitia zakat bahwa zakat sebenarnya sampai atau tidak kepada penerima zakat. Maka kita harus melakukan upaya yang lebih untuk mengembangkan zakat dan wakaf ini lebih baik kedepannya”, kata Fachrul Razi.

Acara ini adalah puncak acara dari Festival Literasi Zakat dan Wakaf 2019, ada beberapa kegiatan dalam festival ini diantaranya adalah Lomba Vidio Animasi yang diikuti 146 peserta dan Lomba Blog yang diikuti oleh 335 peserta. Adapun kegiatan lainnya adalah Lokalatih Tunas Muda Agent of Change Ekonomi Syari’ah, Call for Essay, Millenial Challenge dan Zakat Wakaf Goes to Campus. Festival ini bertujuan agar dapat menggerakkan masyarakat dalam berkarya di bidang pemberdayaan dan pengembangan zakat dan wakaf di Indonesia.

wildan ainun mardianto (ed. Akmal Fauzan )

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*