ei.unida.gontor.ac.id – Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Tahun Akademik 1442/2021 melaksanakan Kegiatan Studi Akademik di Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Jemur Handayani Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at (29/10) Pukul 14.00 – 19.30 WIB, dengan mengusung tema “Peran Bank Syariah Indonesia dalam mendukung Wisata Halal Pasca Pandemi Covid-19”.

Acara ini diselenggarakan oleh Program Studi Ekonomi Islam sebagai implementasi salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yaitu di bidang pendidikan dan pengajaran. Mahasiswa dirasa belum cukup mengikuti kegiatan belajar mengajar dan menerima materi di kelas perkuliahan, namun juga perlu bertemu dan berkomunikasi langsung dengan akademisi maupun praktisi di Lembaga Keuangan Islam.

Kunjungan Studi Akademik Mahasiswa Ekonomi Islam di Bank Syariah KC Jemur Handayani Surabaya

Tujuan, output dan sasaran utama dilaksanakannya studi akademik ini adalah: 1) Meningkatkan wawasan, mutu dan kualitas akademik mahasiswa; 2) Sebagai sarana dan wadah bertukar informasi, pengalaman, praktik, dan pengetahuan akademik antara Lembaga Perguruan Tinggi formal dengan Lembaga Keuangan Islam; 3) Mengukur sejauh mana keterkaitan pembelajaran mahasiswa selama di kelas perkuliahan dengan Lembaga Keuangan Islam, dalam hal ini adalah Bank Syariah Indonesia (BSI).

Kedatangan Mahasiswa UNIDA Gontor Alhamdulillah disambut baik oleh Branch Manager  Bank Syariah Indonesia KC Jemur Handayani Surabaya yaitu Bapak Sulaiman beserta jajaran pegawai, staff dan karyawan Bank Syariah Indonesia. Tentunya Dekanat Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor serta Kaprodi Ekonomi Islam bersyukur dan banyak terima kasih kepada Bank Syariah Indonesia KC Jemur Handayani Surabaya karena telah diterima untuk melaksanakan serangkaian kegiatan studi akademik ini.

Acara diawali dengan sambutan dari Dosen Ekonomi Islam yaitu Al-Ustadz Ahmad Suminto, SH., ME., kemudian dilanjutkan sambutan Branch Manager Bank Syariah Indonesia KC Jemur Handayani Surabaya yaitu Bapak Sulaiman dan dilanjutkan penyampaian materi. Banyak materi yang beliau sampaikan, di antaranya Struktur organisasi dan posisi BSI, operasionalisasi dan overview BSI, perbedaan mendasar Bank Konvensional dengan Bank Syariah, kemudian roadmap jangka menengah dan jangka Panjang 5 tahun BSI ke depan.

Penyampaian Materi oleh Bapak Sulaiman

Kemudian materi kedua disampaikan oleh Ibu Mega, beliau sebagai CS (Customer Service) di Bank Syariah Indonesia KC Jemur Handayani Surabaya. Secara umum pemateri menyampaikan peran Bank Syariah Indonesia dalam mendukung wisata halal pasca pandemi Covid-19, seperti strategi BSI dan wisata halal untuk meningkatkan animo masyarakat kepada parawisata halal, kemudian bagaimana BSI bisa mempromosikan atau bisa bersosialisasi kepada masyarakat untuk menumbuhkan trust masyarakat kepada Bank Syariah Indonesia.

Penyampaian Materi oleh Ibu Mega

Pada sesi selanjutnya setelah materi disampaikan adalah diskusi dan sesi tanya-jawab. Mahasiswa tidak ingin meninggalkan kesempatan tanya-jawab sehingga diwarnai dengan keaktifan pertanyaan, seperti prestasi apa yang akan dicapai BSI dalam roadmap jangka menengah dan jangka Panjang 5 dan 10 tahun ke depan dan juga implementasi Bank Syariah Indonesia dalam mendukung wisata halal di berbagai tempat wisata di Indonesia. Alhamdulillah bagi mahasiswa yang mengajukan pertanyaan mendapatkan doorprize dari BSI yang diberikan langsung oleh Bapak Sulaiman.

Mahasiswa Penerima Doorprize

Dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan dari BSI kepada UNIDA Gontor dan juga sebaliknya dari UNIDA Gontor kepada BSI.

Penyerahan Kenang-kenangan dari BSI kepada UNIDA Gontor

Sesi terakhir adalah perpotoan bersama Branch Manager BSI dan mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor.

Perpotoan Bersama

Sebagaimana tujuannya Studi Akademik sebagai wadah pengembangan wawasan akademik yang diharapkan mampu memberikan pembelajaran akademik khususnya di Program Studi Ekonomi Islam. Diharapkan kegiatan ini akan membekas dan menjadi modal utama bagi mahasiswa untuk menjalankan perannya kembali, sebagai sebuah elemen masyarakat yang punya ambisi untuk melakukan perubahan-perubahan. Karena memang disadari atau tidak peran mahasiswa adalah agent of change dalam strata masyarakat yang ada, kapanpun dan dimanapun ia berada. (Habib Azhari)