Dr. Khoirul Umam, M.Ec.

Kenapa Engkau harus Meninggalkan Riba?

Mungkin engkau berfikir, gak apa-apa Punya rekening di bank konvensional, yang penting saya shalat, puasa, tidak nyuri, tidak zina, tidak membunuh orang.

Nabi menjelaskan, dalam hadits dari Anas bin Malik, dosa makan 1 dirham Riba atau sekitar 100 ribu riba adalah sama dengan dosa zina sebanyak 36 kali. 

Dalam hadits lain, Nabi menjelaskan bahwa dosa riba ada 72 pintu, dosa riba yang paling ringan adalah seperti Berzina dengan Ibu kandungmu sendiri.

Riba

Bahkan Riba adalah dosa besar yang disejajrkan dengan kesyirikan kepada Allah dan pembunuhan.

عن أبي هريرة – رضي الله عنه – أن رسول الله – صلى الله عليه وسلم – قال: ((اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ))، قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَمَا هُنَّ قَالَ: ((الشِّرْكُ بِاللَّهِ، وَالسِّحْرُ، وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِى حَرَّمَ اللَّهُ إِلاَّ بِالْحَقِّ، وَأَكْلُ الرِّبَا، وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ، وَالتَّوَلِّى يَوْمَ الزَّحْفِ، وَقَذْفُ الْمُحْصَنَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ الْغَافِلاَتِ))؛ متفق عليه.

Yang lebih mengerikan adalah pelaku Riba sejatinya adalah berperang dengan Allah dan Rasul-Nya.

فَإِن لَّمْ تَفْعَلُوا۟ فَأْذَنُوا۟ بِحَرْبٍ مِّنَ ٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ ۖ وَإِن تُبْتُمْ فَلَكُمْ رُءُوسُ أَمْوَٰلِكُمْ لَا تَظْلِمُونَ وَلَا تُظْلَمُونَ

Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), Maka ketahuilah Bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu, dan jika kamu bertaubat (dari Pengambilan riba), Maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya. (QS. Al-Baqarah 279)

Bagaimana engkau berani berperang dengan Allah yang memiliki dirimu, yang memiliki bumi langit dan seisinya, yang memberi nafas, yang memberimu kesehatan, yang memberimu rezeki.

Dengan Ayat ini, ada ulama yang berpendapat bahwa perilaku Riba tidak akan husnul khatimah. Tentu jika tidak bertaubat.

Belum cukupkah peringatan ini, wahai engkau diriku, untuk meninggalkan Riba? 

[Dr. Khoirul Umam, M.Ec.]

Leave a Comment