Last Time MKDU & MKDK Campus 6

Magelang- Universitas Darussalam gontor Kampus 6 (13-14 /04/2019), Ujian komprehensif, sudah tidak asing lagi ditelinga para mahasiswa Prodi Ekonomi Islam. Ujian ini merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa agar mereka dapat mengikuti ujian skripsi. Periode ini Mahasiswa Ekonomi Islam Kampus magelang dan mereka merupakan mahasiswa terkakhir Prodi Ekonomi Islam kampus 6, karena untuk selanjutnya akan disi oleh mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah, jadi bisa di katakan bahwa ini adalah ujian MKDU & MKDK terakhir bagi mahasiswa Ekonomi Islam kampus 6.

Seperti yang kita ketahui, Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) merupakan usaha untuk membantu perkembangan kepribadian mahasiswa agar mampu berperan di dalam anggota masyarakat, bangsa dan agama. Sehingga, mahasiswa bisa lebih peka terhadap masalah-masalah sosial yang selalu tumbuh dalam masyarakat. Serta mahasiswa diberikan kemampuan dasar supaya mahasiswa bisa berfikir secara interdisipliner. MKDU disini juga bisa diartikan sebagai program pendidikan di Perguruan tinggi yang diberikan kepada seluruh mahasiwa terlepas dari disiplin ilmunya.

Menjadi bahan uji materi dasar umum di Universitas Darussalam Gontor diantaranya adalah ‘ulum al Hadist, ‘Ulum al Quran, Ushul Fiqh, Fiqh, ‘Aqidah wa at Tauhid, Tharikh al Hadharah al Islamiyah, dan Islamisasi Ilmu, Epistimologi Islam, dan Islamic Worldview. Materi-materi ini harus dikuasai oleh setiap mahasiswa guna pengembangan di bidang dirosah al Islamiyah dan pemahaman mereka tentang Islam secara mendalam.

Suasana ujian MKDU & MKDK Kampus 6

Bedahalnya dengan Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) adalah kelompok mata kuliah yang ditujukan dalam pengembangan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan keahlian studi/bidang ilmu terkait. Disini mahasiswa dituntut untuk menguasai kepakaran disiplin ilmu yang diperoleh semasa di bangku perkuliahan, khususnya di Prodi Ekonomi Islam mahasiswa harus paham dan mengerti hal yang berkaitan, dengan Ekonomi Makro, Ekonomi Mikro, Ekonomi Internasional, Ekonomi Publik, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Moneter, Manajamen Bisnis, fikih muamalah…dsb.

Alhamdulillah Ujian komprehensif di UNIDA kampus 6 berjalan dengan lancar, seluruh mahasiswa juga menjalani mekanise ujian dengan baik dan tim penguji langsung dosen Ekonomi Islam. (M.Huda)

Leave a Comment