Setiap pelajar memiliki kewajiban berbeda disetiap tahunnya dalam mengenyam pendidikan, tergantung tingkatan yang sedang ia tempuh. Sama halnya dengan mahasiswi tingkat akhir di Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri. Seperti yang telah kita ketahui bahwasannya Skripsi merupakan kewajiban bagi seluruh mahasiswi untuk mendapatkan gelar sarjana di akhir studinya. Bahwasannya, awal langkah perjalanan skripsi dimualai dari langkah pertama yakni pembuatan proposal skripsi sesuai metode penelitian yang telah dipelajari.

Proposal Skripsi yang telah melewati minimal 3 kali masa bimbingan akan siap di sampaikan pada Seminar Proposal Skripsi atau SPS sebagaimana yang diselenggarakan pada pukul 19.30 hingga 22.00 WIB, tepatnya pada hari Rabu, 7 Juli 2021 bertempat di Aula Aisyah, Pondok Modern Darussalam Gontor Putri, Mantingan, Ngawi, Jawa Timur. Seminar Proposal Skripsi tersebut merupakan seminar perdana diselenggarakan untuk angkatan Ekonomi Islam 2018. Acara tersebut berjalan dengan lancar dengan menggunakan bahasa resmi kampus yaitu bahasa Arab atau bahasa Inggris, dengan 3 orang pemateri yang dihadiri oleh seluruh dosen Ekonomi Islam di Kampus Putri, Wisudawati Ekonomi Islam 2021, dan seluruh mahasiswi Ekonomi Islam semester 1, 3, 5, dan 7.

Pemateri pertama yakni Alfi Wahdatul Ilmi dengan proposal skripsi yang berjudul “The Influence of Transparency, Accontability, dan Quality of Zakat Management in Increasing Community Interest in Paying Zakat.” (Study at Tasikmalaya Regency Baznas 2019 – 2020).

Pemateri kedua yakni Dintya Esa Kharisma dengan proposal skripsi yang berjudul, “The Influence of Debit Card, E-Wallet, Lifestyle, and Financial Literacy on Students Consumption Behavior in an Islamic Perspective.” (Study at University Darussalam Gontor Female Campus).

Serta pemateri terakhir yakni Aisyah Putri Nurina Amali dengan proposal skripsi yang berjudul “The Influence of Islamic Financiel Literacy on the Interest of Darussalam University Students in Decision Using Minigold products at Baitu Al Maal Wa At-Tamwil in Gontor For Girl First Campus.”  Di penghujung acara, para Dosen memberikan beberapa evaluasi bagi pemateri maupun para hadirin yang bertanya maupun memberikan ulasan dan masukan, salah satunya yakni untuk membiasakan menggunakan bahasa resmi dalam bertanya maupun saat memberikan kritik karena bahasa merupakan mahkota di lingkup Gontor. Serta harapan untuk kedepannya, acara Seminar Proposal Skripsi ini akan berjalan lebih baik lagi di waktu yang akan datang. (Ridha, Zuhria).

Leave a Comment