Mantingan-Dalam rangka menyambut kepengurusan baru serta mempersiapkan diri dalam mempersiapkan kegiatan pada masa jabatan satu tahun yang akan datang, maka KSEI (Kelompok Studi Ekonomi Islam) Universitas Darussalam Gontor Putri Kampus Mantingan mengadakan kegiatan Muker (Musyawarah Kerja) dalam rangka merumuskan program kerja organisasi pada setiap divisi yang terdiri atas ketua, kesekertariatan, bendahara, RnD (Research and Development), HRD (Human Research Development), PR (Public Relation), Publikasi dan dokumentasi. Tujuan diadakannya musyawarah kerja ialah dalam menentukan arah kerja organisasi selama satu periode tahun kedepan serta memberikan pemahaman kepada anggota pengurus KSEI UNIDA mengenai pengelolaan organisasi yang baik dan benar dalam mencapai tujuan yang telah disepakati.

Suasana Muker KSEI UNIDA Kampus Putri

Musyawarah kerja dalam suatu organisasi merupakan wadah yang memiliki kewenangan tertinggi, karena musyawarah kerja menentukan jalan bagi organisasi kedepannya. Dalam forum musyawarah kerja KSEI UNIDA satu persatu divisi mengutarakan canangan program kerja yang akan dilaksanakan serta target yang akan dicapai pada satu tahun periode kepengurusan. Perancangan strategipun teruraikan dalam musyawarah kerja agar seluruh program kerja dapat terimplementasikan secara optimal dan maksimal dengan hasil yang memuaskan dalam membentuk dan mengarahkan anggota yang kompeten, professional dan kontributif dalam mensyiarkan Ekonomi Islam. Setelah semua mufakat pada program kerja yang dicanangkan, maka seluruh pengurus dan anggota harus melaksanakannya dengan baik. Seperti yang telah dijelaskan dalam surah Al-Imran ayat 159:

وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ

“Dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu, kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakal kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepadaNya” (Ali-Imran/3: 159)

Peserta Muker Menyampaikan Ide dan Masukan Untuk Program KSEI ! Tahun Kedepan

Seperti yang telah dijelaskan pada surah Ali Imran bahwa jika musyawarah telah menghasilkan keputusan, pegang keputusan itu dan bertawakkallah kepada Allah. Jangan risau dengan hasilnya, jangan menyalahkan musyawarah jika ada hal yang tidak sesuai dengan harapan, sepanjang sudah menjalankan hasil musyawarah itu. Tawakkal inilah yang membuat seorang mukmin tidak menyalahkan hasil musyawarah dan tidak mengungkit pendapatnya yang ditolak saat musyawarah. Maka Ilmu, Amal, Ikhlas harus selalu ada pada jiwa generasi Ekonom Islam dalam menyiarkan ajaran Allah SWT sesungguhnya orang yang tawakkal dicintai Allah Subhanahu wa Ta’ala. Semoga KSEI UNIDA semakin maju, berkarakter, serta tangguh dalam mensyiarkan Ekonomi Islam sesuai dengan harapan seluruh anggota. (Fia)

Leave a Comment