Keutamaan Shalat Berjama’ah di Masjid

Status hidup kita di dunia ini hanyalah seorang hamba. Kita diciptakan oleh Allah SWT untuk mengbadi, menjalakan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya. Salah satu amalan setelah adanya peristiwa Isra dan Mi’raj adalah perintah shalat lima waktu yang menjadi kewajiban umat Islam dalam kondisi apapun.

Kenapa Shalat? Alasannya adalah Shalat merupakan amal perbuatan yang pertama kali diminta pertanggungjawaban di akhirat kelak. Bila shalatnya baik maka perbuatan yang lain menjadi baik. Sebaliknya bila shalatnya kurang baik maka amal yang lain juga terkena dampaknya. Shalat adalah salah satu perintah Allah. Dan keutamaan dari shalat adalah berjamaah. 

Dalam hadis Rasulullah SAW bagi laki-laki perintah shalat berjamaah adalah wajib sedangkan bagi wanita adalah sunnah. Adapun keutamaan dari sholat berjamaah ialah:

1. Pahala melangkahkan kaki ke masjid

Seorang yang berjalan ke masjid, maka tiap langkah kakinya akan diberikan satu pahala, dihapuskan satu dosa, dan dinaikkan satu derajat oleh Allah SWT. (HR. Ibnu Majah:277, Muslim:1068 dan 1065).

2. Di do’akan para Malaikat

Seorang yang menunggu shalat, tepatnya dari masuk mesjid sampe waktu shalat, maka dia bakal didoakan malaikat dengan doa : “Ya Allah Ampunila dia, Ya Allah ampunilah dia”, tanpa henti sampai waktu shalat. Subhanallah!

3. Mendapat naungan saat kiamat

Ada tujuh golongan yang dinaungi kelak. Dan salah satunya adalah orang yang hatinya terpaut dengan masjid. Seorang pemuda yang hatinya terikat dengan masjid, orang orang itulah yang akan mendapat perlindungan dari Allah saat kiamat kelak. (HR. Bukhori:620)

4. Doa malaikat ketika di shaf terdepan

Sesungguhnya para Malaikat memberikan sholawat kepada orang-orang yang berada di shaf pertama.” (HR. Ibnu Hibban no. 2157)

Menanggapi sabda Beliau, para sahabat bertanya, “Apakah juga kepada orang-orang yang berada di shaf kedua wahai Rasulullah? ”
Kemudian Rasulullah berkata, “Juga kepada orang-orang yang berada dishaf kedua.” (HR. Ahmad dan Ath Thabrani, dihasankan oleh Syaikh Al Albani)

5. Terhindar dari sifat munafiq

Tidak ada sholat yang lebih berat bagi orang-orang munafiq dari pada sholat subuh dan isya. Seandainya mereka tahu nilai yang terkandung di dalam kedua sholat itu, pastilah mereka mendatangi (masjid tempat) kedua sholat itu meskipun dengan merangkak.

Subhanallah…!!!
Sungguh alangkah banyaknya manfaat dari shalat berjamaah di masjid, mudah-mudahan para kaum lelaki millenial yang masih asyik dengan gadgetnya senantiasa istqamah untuk shalat berjamaah di masjid. Allahumma Aamiin (sifa)

Leave a Comment