Keunikan CIES

Gedung Centre for Islamic Economics Studies (CIES) merupakan Gedung Pusat Studi Ekonomi Islam Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor. Dimana pembelajaran, pendidikan, penelitian, dan pengembangan tentang keilmuan ekonomi Islam terpusat di gedung CIES. Gedung ini diharapkan menjadi jembatan dalam mengintegrasikan keilmuan ekonomi Islam serta aplikasi praktis dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Pada 03 Oktober 2019 Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak H. Muhammad Jusuf Kalla meresmikan gedung CIES, yang pada awal peletakan batu pertama juga dilakukan oleh beliau dan Suahaeli Kalla yang mewakili dari pihak keluarga. Berikut kita ulas beberapa keunikan dari gedung CIES ini:

  1. Dibangun dalam 30 hari.

Membangun sebuah gedung lazimnya membutuhkan waktu yang lama, apalagi bila gedung yang dibangun adalah gedung dengan dua lantai. Namun UNIDA Gontor tidak membutuhkan waktu lama untuk membangun gedung. Nyatanya, gedung CIES berhasil dibangun hanya dalam hitungan hari yakni 30 hari saja.

  • Pemasangan paving hanya 2 hari.

Kecepatan pemasangan ini patut diacungi jempol, lantaran selayaknya membutuhkan waktu yang lama karena prosesnya yang bertahap-tahap. Mulai dari pembersihan lahan, perataan lahan, pengurugan tanah, tahap levelling, perataan landasan, pemasangan conblock, penyusunan paving, dan diakhiri dengan pemadatan paving dengan abu batu agar tidak bergeser dan tidak bergelombang. Dari sekian tahap, 2 hari bisa rampung sungguh sangat menakjubkan.

  • Pengisian barang dalam gedung pada H-1.

Barang-barang yang akan diatur sedemikian rupa untuk mengisi ruangan-ruangan dan semua sisi yang ada di gedung CIES datang pada H-1 peresmian. Jika dibayangkan, sepertinya sangat mustahil untuk merampungkan tata letak barang yang terhitung banyak dan berat pastinya. Namun dengan kekuatan keikhlasan seluruh mahasiswa prodi Ekonomi Islam dari semester 1 hingga 7 beserta para staf dan dosen, Alhamdulillah dengan izin Allah dalam sehari semuanya bisa tertata rapi dalam satu hari. (Aqif)

Leave a Comment