Keunggulan Bersepeda dalam Segi Ekonomi

Apa yang anda pikirkan pertama kali ketika mendengar salah satu jenis kendaraan yang bernama sepeda? Mungkin bagi orang awam yang terfikirkan oleh mereka adalah kendaraan yang digunakan bermain oleh kalangan anak-anak yang mempunyai dua pedal, dan untuk menjalankan nya kita membutuhkan tenaga. Dan mungkin saja banyak yang menyimpulkan dengan banyak definisi apa itu sepeda.

Tapi apakah anda pernah mendefinisikan sepeda dari sudut pandang ekonomi? Mungkin beberapa orang telah melihat bagaimana sepeda dilihat dari sudut pandang ekonomi, tapi masih banyak orang yang belum dapat melihat dari sudut pandang tersebut sehingga mereka tidak menyadarinya. dengan menggunakan sepeda anda telah memiliki beberapa kelebihan di dalam perekonomian anda sehari-hari

Di dalam artikel ini akan disebutkan beberapa kelebihan tentang penggunaan sepeda dalam segi ekonomi.

  1. Mengurangi konsumsi bahan bakar sehari-hari

Jelas, dalam keunggulan yang satu ini, telah terbukti sepeda adalah moda transportasi yang sangat efisien dalam menngurangi penggunaan bahan bakar, karena dalam penggunaan nya, sepeda digunakan dengan cara mengayuh pedal dan pastinya menggunakan energi yang kita salurkan ke kedua kaki kita.
jika kita hitung dalam sehari kita menghabiskan Rp. 10.000 untuk konsumsi bahan bakar, maka dalam sebulan kita dapat meng akumulasikan Rp. 300.000 untuk pengeluaran bahan bakar selama sebulan, dan 3,6 juta dalam setahun, jika kita akumulasikan dalam 10 tahun maka akan terkumpul 36 juta, biaya yang sangat banyak jika kita salurkan ke aspek yang lainya.

  • Mengurangi pengeluaran untuk biaya kesehatan
Komunitas sepeda suatu perusahaan dalam perjalanan menuju tempat kerja.

Sambil menyelam minum air, yup ini adalah peribahasa yang tepat untuk keunggulan sepeda yang satu ini, sambil berangkat kerja sambil ber olahraga. Apakah anda pernah menghitung berapa biaya yang telah anda habiskan selama ini untuk biaya kesehatan anda? Pasti tidak lah murah. Manfaat olahraga sepeda bagi kesehatan memang dahsyat. Bersepeda secara teratur dapat melancarkan aliran darah, menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker usus, serta penyakit diabetes karena tubuh diajak untuk beraktivitas secara berkala.

  • Mengurangi kemacetan, menambah profit perusahaan
Perbandingan 100 orang dalam penggunaan moda transportasi.

Banyak masalah yang ditimbulkan oleh kemacetan, salah satunya adalah kerugian yang disebabkan terlambat nya pekerja untuk datang ke kantor, dengan terlambatnya pekerja datang, maka pekerjaan mereka juga semakin tertunda untuk dikerjakan, jika banyak pekerjaan tidak terselesaikan, maka produksi barang ataupun jasa di suatu perusahaan akan semakin berkurang yang menimbulkan turun nya produktivitas suatu perusahaan. Dengan adanya solusi sepeda, maka kemacetan akan berkurang dan pekerja sampai di kantor tepat pada waktunya.

  • Mengurangi polusi udara

Seperti yang dikutip dalam CNBC Indonesia Dalam kasus Indonesia, Bank Dunia memperkirakan polusi udara bisa mengurangi potensi perekonomian sekitar 1% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Pada 2018, PDB Indonesia adalah sekitar Rp 14.000 triliun, jadi kalau 1% berarti kerugian ekonomi akibat polusi udara mencapai Rp 140 triliun. Bukan jumlah yang sedikit.” Jika Jembatan Suramadu saja dapat dibangun dengan anggaran sekitar 4,5 trilliun rupiah, maka jika kita bandingkan dengan kerugian yang di akibatkan oleh polusi udara, maka berapa jembatan sejenis dengan jembatan suramadu yang dapat kita bangun per tahunya? Sangat membantu bukan jika anda menggunakan sepeda ke tempat kerja.

Itulah beberapa kelebihan jika anda menggunakan sepeda sebagai moda transportasi anda sehari-hari, bukan hanya diri anda yang mendapatkan kan manfaat nya, tetapi juga banyak orang di sekitar anda yang mendapatkan manfaatnya. memang masih banyak kendala dan butuh banyak pengorbanan, tapi perubahan tidak akan terjadi tanpa adanya pengorbanan. Sekali kayuh beribu kebaikan tersebar. (Rayhan)

Leave a Comment