Keluarga Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen Berduka


Pagi ini tanggal 14 maret 2019 keluarga besar fakultas ekonomi dan manajemen kehilangan seorang guru, pendidik, pembimbing yang luar biasa yaitu KH Kafrawi Ridwan. Beliau adalah ketua Badan Wakaf Pondok Modern Darussalam Gontor. Banyak sekali jasa-jasa yang telah diberikan selama hidup.
Beliau dimakamkan di tempat pemakaman keluarga yang berada disamping pondok modern Gontor kampus 6 Darul Qiyam Magelang. Menurut dr syukri ridwan yang merupakan adik dari almarhum, KH Kafrawi Ridwan merupakan orang yang banyak jasanya beliau telah mewakafkan sejumlah tanah untuk pendirian pondok Gontor 3 darul ma’rifat kediri.
Menurut KH Hasan Abdullah Sahal dalam sambutannya bahwa banyak manusia yang pandai memberi contoh namun sedikit yang bisa menjadi contoh. Dan Almarhum adalah orang yang telah menjadi contoh untuk umat ini dalam berjuang, baik harta, tenaga, bahkan nyawa. Cita-cita luhur beliau terlah tertunaikan yaitu berjuang untuk pondok sampai mati.
KH Kafrawi Ridwan juga merupakan pendiri dari Pesantren Karya Pembangunan Jakarta Islamic School yang telah berdiri selama 40 tahun. Jumlah santrinya sudah mencapai 2500 santri. Terakhir beliau telah berjuang sebagai pembina yayasan pesantren tersebut. Jasa-jasanya sangat banyak sekali. Nilai-nilai Gontori sudah dilakukan dalam kehidupan Berjasalah tapi jangan minta jasa, Bondo bahu pikir lek perlu sak nyawane pisan. (Andi Triyawan)

Leave a Comment