Penyerahan IQAS Award Certificate

UNIDA Gontor – Alhamdulillahi rabbil ‘alamin Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor berhasil meraih penghargaan IQAS Award Certificate, With Predicate: “Very Good” for the efforts to implement IQAS/SPMI in unit, in academic period of 1442/2021, University of Darussalam Gontor, April 19, 2021. Penyerahahan penghargaan tersebut bersamaan dengan acara dwipekanan yang dihadiri oleh segenap Dosen dan Tenaga Kependidikan Fulltimer Universitas Darussalam Gontor di Hall CIOS, Sabtu (19/06/21).

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Rektor Universitas Darussalam Gontor, Al-Ustadz Prof. Dr. KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil.  dan diserahkan kepada Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) yang diwakili oleh Kaprodi Ekonomi Islam (EI) yaitu Al-Ustadz Mufti Afif, Lc., M.A. Dalam sambutan yang disampaikan oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Al-Ustadz Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A., bahwa Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) mendapat nominasi terbaik kedua, dengan nilai 291,23. Indikator pencapaian predikat “sangat baik” adalah dengan kriteria kelengkapan dan terlaksananya penyusunan data serta unit-unit borang Program Studi Ekonomi Islam (PSEI). Adapun peringkat pertama dalam IQAS Award ini diraih oleh Fakultas Humaniora dengan nilai 291,76 dan peringkat ketiga diraih oleh Fakultas Ilmu Kesehatan (Ilkes) dengan nilai 286,15.

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) merupakan kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap Perguruan Tinggi secara otonom untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. SPMI direncanakan, dilaksanakan, dievaluasi, dikendalikan, dan dikembangkan oleh Perguruan Tinggi.

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi terdiri atas sistem penjaminan mutu internal yang dikembangkan oleh Perguruan Tinggi dan sistem penjaminan mutu eksternal yang dilakukan oleh institusi BAN-PT.

Di Universitas Darussalam Gontor sendiri Audit Mutu Internal (AMI) untuk siklus Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) berada di bawah koordinasi dan pengawasan Biro Penjaminan Mutu (BPM), yang saat ini Kepala Biro Penjamin Mutu UNIDA Gontor adalah Al-Ustadz Dr. Mohammad Muslih, M.Ag. Dalam suatu Rapat Koordinasi beliau pernah menyampaikan sejumlah gambaran umum terkait berjalannya progres penjaminan mutu di UNIDA Gontor. Di antaranya adalah bahwa Sistem Penjaminan Mutu sekarang ini langsung diawasi oleh KEMENDIKBUD (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) dan KEMENRISTEKDIKTI (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi). Guna mencapai itu semua, manajemen universitas harus ‘sehat’ baik dari sisi hardware maupun software-nya. Adapun pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) di Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) dilaksanakan pada tanggal 19 April 2021, alhamdulillah dapat berjalan dengan baik dan lancar.

IQAS Award Certificate

Merupakan suatu kesyukuran dan kebanggaan khususnya bagi Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) dan umumnya bagi Universitas Darussalam Gontor, guna menyelaraskan misi dan tujuan penjaminan mutu pendidikan tinggi yaitu memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan (continuous improvement), yang dijalankan oleh suatu perguruan tinggi secara internal untuk mewujudkan visi dan misinya, serta memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan (internal dan eksternal) melalui penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi.

Harapannya dengan adanya penghargaan “IQAS Award Certificate” ini semoga dapat menjadi bahan evaluasi dan tolak ukur serta menjadi bahan perbaikan untuk penyusunan dan pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang akan datang, secara sistemik dan berkelanjutan di prodi maupun fakultas menuju tertibnya administrasi yang lebih baik dan rapi.

Sebagaimana frasa yang populer di kalangan mahasiswa UNIDA Gontor adalah “Administrasi yang rapi wajib (mutlak) perlu untuk menjaga kepercayaan”. Merupakan amanat yang diucapkan oleh salah satu pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor, yaitu K.H. Imam Zarkasyi. Semoga kita selalu istiqomah untuk mengamalkan nilai tersebut.

Selanjutnya dalam momentum yang baik dan penuh rasa syukur ini, jajaran Dekanat dan Kaprodi serta segenap keluarga besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) banyak mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada berbagai pihak yang telah membantu dan berpartisipasi turut mensukseskan penyusunan dan pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), semoga dapat memberikan nilai tambah bagi kelembagaan Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor. (Suminto, Ahmad)

Leave a Comment