ISLAMIC ECONOMIC OLYMPIAD (ISEC) SINERGIKAN INTELEKTUAL MAHASANTRI

Islamic Economic Olympiad (ISEC) merupakan salah satu kegiatan yang berada dibawah naungan Program Studi Ekonomi Islam di Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri yang telah diadakan selama 3 hari mulai dari tanggal 15-17 Desember 2019. Acara internal ini diselenggarakan sebagai ajang pembentukan karakter mahasantri dalam kemampuan berolah fikir dan berkarya yang terdiri dari 5 perlombaan, yaitu LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah), Problem Solving, Cerdas Cermat, Ranking 1 dan Video.

Salah satu Kegiatan perlombaan dalam ISEC

Pertama Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), ajang perlombaan kelompok yang terdiri dari 3 orang peserta ini bisa diikuti oleh lintas prodi. Perlombaan ini melatih para peserta untuk belajar mengungkapkan setiap ide yang dimilikinya kedalam bentuk tulisan ilmiah dengan mengusung tema “Kontribusi Mahasantri dalam Meningkatkan Islamic Human Development Indeks Menuju Sustainable Development Goals (SDGs)” dengan berbagai macam sub tema yang terdiri dari Teknologi, Ekonomi, Pendidikan, dan Sosial Budaya. Melalui ajang ini diharapkan para mahasantri dapat termotivasi untuk selalu menulis karena “Orang Boleh Pandai Setinggi Langit, Namun Jika Tidak Menulis, Ia Akan Hilang dari Sejarah dan Masyarakat.”

Kedua Problem Solving, ajang perlombaan kelompok yang terdiri dari 2 sampai 3 orang peserta ini menuntut mereka untuk mampu memberikan solusi dalam masalah perekonomian, sekalipun mereka berasal dari program studi yang berbeda.

Ketiga Lomba Cerdas Cermat, ajang ini diikuti oleh perwakilan 3 orang peserta dari setiap Fakultas. Perlombaan ini dilaksanakan untuk mengasah intelektual mahasantri dalam dunia ekonomi.

Keempat Rangking 1, ajang ini diikuti oleh perwakilan 10 orang peserta dari setiap Fakultas. Perlombaan ini menuntut para mahasantri agar dapat menguasai semua bidang ilmu pengetahuan secara global.

Perlombaan terakhir adalah Video, ajang ini diikuti oleh setiap program studi. Didalam perlombaan ini mahasiswi dilatih untuk mengembangkan kreativitas dan mengungkapkan serta mendeskripsikan ide dalam bentuk video.

Hari terakhir panitia mengadakan seminar nasional bersama Heppy Candrayana, M.I.Kom. dan Al-Ustadzah Lailatus Syarifah, L.c., M.A. dan Al-Ustadz Miftahul Huda, M.E sebagai moderator. Dan dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada setiap pemenang lomba sebagai berikut LKTI: Juara I Hamidaturrasyidah dan Siska Arie, Problem Solving: Juara I Naqila Salsabila, Amelia Septiani, dan Alfi Nur Rosyidah, Lomba Cerdas Cermat: Juara I Hubungan Internasional, Rangking 1: Shafira dari Fakultas Ekonomi dan Manajemen, dan Video: Zalfa Aulia dari Program Studi Teknik Informatika. (wida)

Leave a Comment