INVESTASI; “Sikapi Uangmu”

Mantingan-(Senin,20/01/2020) Edukasi mengenai Investasi dirasa sangat perlu bagi kalangan mahasiswa, apalagi mahasiswa masih termasuk masa produktif untuk berkarya.  Pehamanan mereka tentang keseruan dalam berinvestasi akan menimbulkan kegairahan dalam mengelola keuangan sehingga mereka akan bijak dalam menggunakan uang mereka. MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) merupakan kegiatan yang secara rutin oleh HMP EI kampus putri, dalam kegiatan ini pengurus HMP mengusung tema tentang investasi.

MABIT HMP EI Sikapi Uangmu Dengan Bijak

“bijak dalam menggunakan uang sangant diperlukan bagi kalian mahasiswa, karena kalian generasi milenial yang harus aktif dan produktif”. Ujar M. Huda dosen Prodi Ekis UNIDA dalam Kajian Investasi MABIT HMP EI. Pada kesempatan ini. Salah satu tujuan pengurus HMP EI mengangkat tema ini adalah untuk menambah literasi tentnag investasi, karena selama ini mahasiswa takut untuk mulai berinvesasi, baik itu masuk dalam ke dunia sukuk, saham, reksdana, dan semua jenis investasi yang ada.

Investasi syariah yang dimaksud disini adalah penanaman modal yang dilakukan masyarakat sesuai dengan prinsip-prisip syariah. Di Indonesia selain di awasi OJK tentunya juga di awasi oleh MUI melalui Dewan Syariah Nasional yang memunculkan fatwa-fatwa yang berhubungan dengan investasi. Beberapa akad yang digunakan dalam investasi syariah antara lain adalah musyarakah, ijarah, dan mudharabah.

Perlunya peran mahasiswa akan ‘melek’ investasi sangat diperlukan karena masyarakat masih minim bergerak di bidang makro terutama keuangan syariah, perlu adanya kajian khusus dan lebih dalam diranah kampus agar mahasiswa berani dan mulai bermain diranah makro. Sebagai contoh kalau ditanya tentang kepemilikan dinar atau emas hampir 90% mereka menjawab tidak paham dan tidak berani untuk membeli itu, padahal sejatinya dinar atau emas merupakan salah satu jenis investasi yang mempunyai progres yang cukup baik.

Pemateri Kajian Investasi HMP EI Miftahul Huda, M.E.

“mahasiswi ekonomi Islam harus berani berinvestasi dan bermain saham, antum semua merupakan generasi yang akan meng-Islamkan dunia pasar modal melalui investasi”, tutup M.Huda. Setelah kajian selesai dilanjtukan dengan shalat maghrib berjama’ah. (M.Huda)

Leave a Comment