IESCO 2.0 Kampus Putri:”wadah untuk menampung ide kreatif dan inovatif mahasiswi”

Mantingan-(IESCO) Islamic Economic Olympiad merupakan sebuah wadah kegiatan kemahasiswaan yang diselenggarakan oleh Program Studi Ekonomi Islam di Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri. Diperuntukkan bagi seluruh Mahasiswi atau Akhwat dari PTN dan PTS di seluruh Indonesia. Pada periode 2.0 ini, Islamic Economic Olympiad mengajak Mahasiswi untuk menuangkan ide kreatif dan inovatif mengenai fenomena yang terjadi di masyarakat sekaligus sebagai wadah untuk menjalin tali silaturahmi antar PTN dan PTS di Indonesia. Mengusung tema “Penguatan Ekonomi Islam Guna Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0 Untuk Menyongsong SDGs 2030” diharapkan bisa menjadi sarana bagi seluruh Mahasiswi untuk dapat berkontribusi dan menyampaikan gagasannya melalui Karya Tulis Ilmiah yang akan dilombakan pada IESCO 2.0.

Suasana perlombaan IESCO 2.0

Adapun kegiatan kemahasiswaan Islamic Economic Olympiad (IESCO) 2.0 telah usai diselenggarakan pada tanggal 7-11 Februari 2020 di Universitas Darussalam Gontor Kampus Mantingan. Terdapat beberapa acara yang ada pada kegiatan ini seperti, LKTIN (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional), Diskusi Ilmiah, Field Trip serta Seminar Nasional.

LKTIN (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional) yang dihadiri oleh 10 Finalis untuk mempresentasikan paper dari seluruh kampus yang berbeda, seperti Universitas Mataram (UNRAM), Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Darussalam Gontor (UNIDA) Kampus Putri, Universitas Negeri Malang (UNM), serta Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung.

Kemudian dilanjutkan dengan acara Diskusi Nasional oleh seluruh Finalis IESCO 2.0. Dengan tema besar “Penguatan Ekonomi Islam Guna Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0 Untuk Menyongsong SDG’s 2030” terdapat dua mosi yang dibahas yaitu, Wakaf Produktif di Indonesia dan Industri Keuangan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Pada kegiatan ini para peserta dituntut untuk menguatkan ide baik dari pihak “PRO” maupun “KONTRA” sesuai dengan pilihan sebelum diskusi dilangsungkan.

Pembicara Seminar Nasional yang diselenggarakan dihadiri oleh Kepala Deputi Ekonomi Bappenas, Bapak Hariyanto. S.E, M.A, Ibu Yosita Nur Wirdayanti, S.T., MBA, MIFP dari KNKS, Ibu Sriati, S.Pd sebagai Pendiri BMT di Bojonegoro serta Ibu Dian Masyita, S.E., MT., Ph.D yang merupakan salah satu Dosen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Padjajaran, Bandung.

Foto bersama finalis, Bapak Dekan, Kaprodi, dan jajaran dosen EI

Akhir acara ini ditutup oleh Field Trip yang berkunjung ke PMDG Putri Kampus 1, PMDG Putri Kampus 2, PMDG Putri Kampus 3, serta UNIDA Kampus Putra, Siman Ponorogo. Adapun tujuannnya untuk mengenalkan para peserta IESCO 2.0. sekaligus bersilaturahmi di Pondok Modern Darussalam Gontor serta UNIDA Kampus Pusat. Dan malam harinya dilanjutkan dengan “Malam Keakraban” yang diisi oleh beberapa kegiatan ramah tamah seperti, Hadrah, Aerobic, Band UNIDA Putri dan dilanjutkan dengan Gala Dinner oleh seluruh peserta Finalis IESCO 2020.

Fieldtrip bersama Para finalsi ke Kampus Pusat UNIDA Ponorogo

Hasil akhir dari perlombaan ini, Juara I LKTIN dimenangkan oleh Universitas Airlangga, Juara II oleh Universitas Negeri Semarang, Juara III oleh Universitas Trunojoyo Madura, Juara Harapan I oleh Universitas Negeri Malang, dan Juara Harapan II oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Adapun kategori pemenang “Diskusi Nasional”, The Best Discussion I oleh Universitas Mataram dan The Best Discussion II oleh Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. (Dyntia)

Leave a Comment