ICUF (International Conference on Ushul Fiqh)

Pada 13 shafar 1441/12 oktober 2019 UNIDA Gontor telah mengadakan acara International Conference on Ushul Fiqh yang dihadiri oleh pakar ushul fiqh. Diantarnya adalah: syaikh Prof. DR. Muhammad Hasan Hitou. Direktur Sharia Halal Control di Jerman. Assc. Prof. Dr. Abdurrahman Raden Aji Haqqi, Dosen Fakultas Syariah, UNISSA Brunei Darussalam. Dan banyak lagi ahli ushul fikih yang lain. Dalam Sambutan rektor UNIDA, Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A., “Alhamdulillah syukur bahwa di UNIDA diadakan ICUF yang mana agenda ini banyak diikuti peserta. Usul fikih adalah bukti bahwa Islam memiliki filsafat, bukan sekedar menukil atau menerjemahkan filsafat yunani sebagaimana yg di sebarkan oleh para orientalis yang menyebutkan bahwa islam tidak memiliki teori filsafat. Namun usul fikih ini adalah filsafat dalam islam.”

Dalam Sambutan KIAI Hasan A Sahal, “Bahwa UNIDA adalah terusan dari pesantren yang berjenjang SMA, yang konsentrasi pada pendidikan kemoderanan Islam yang didirikan oleh tiga tokoh dan dilanjutkan oeh generasi sekarang. Pendidikan pesantren dan UNIDA gontor ditujukan untuk mencetak generasi muslim yang mengerti perkembangan ilmu islam dan peradabannya. Maka dengan adanya muktamar ini diharapkan menjadi sarana untuk mencapai tujuan tersebut.
Ushul fikih adalah materi baru dalam pendidikan Islam, setelah ilmu2 pendahulunya yaitu Quran, sunnah dan fikih. Padasarnya meskipun ushul fikih adalah materi baru namun semua kita umat islam butuh materi ini untuk menentukan kesimpulan satu hukum. Maka tidak akAn pernah kita tinggalkan materi ini. Dan selamat datang di UNIDA Gontor yaitu kampus kita bersama, sekolah kita bersama, dan selamat muktamar.” (Azidni)

Leave a Comment