Mantingan- Hari Jum’at merupakan salah satu hari istimewa diantara 7 hari lainnya dalam Islam, sehingga banyak tagar #Jum’atBerkah yang biasanya dibuat oleh para aktivis sosial media pada hari itu. Banyak hal-hal yang dilakukan demi meraih keberkahan hari Jum’at tersebut, diantaranya ialah dengan memperbanyak melakukan kegiatan yang mengandung unsur keberkahan. Hal yang serupa pula dilakukan oleh komunitas GenBI Universitas Darussalam Gontor saat melalui hari Jum’at kemarin, dimana mereka menjadikan hari Jum’at waktu libur mereka sebagai hari produktif. (11/06/2021)

Tepat pada tanggal 11 Juni 2021 pagi hari komunitas generasi muda baru Indonesia tersebut menyelenggarakan beberapa kegiatan dalam tema ‘Fun Friday’. Diantaranya ialah olahraga bersama yang diawali dengan lari pagi menuju Lapangan Pascasarjana Universitas Darussalam Gontor dan dilanjutkan dengan mengadakan beberapa permainan menyenangkan seperti Gobak Sodor dan Truth Or Dare, kesemuanya itu dilaksanakan guna mempererat ukhuwah diantara mereka. Kegiatan olahraga pagi tersebut sukses diselenggarakan untuk pertama kalinya dan ditandai sebagai ajang untuk memupuk rasa persaudaraan dan kekeluargaan antar anggota sehingga mereka dapat terus bersatu dalam memberi energi untuk negri.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam tema ‘Fun Friday’ tersebut tidak hanya mencakup unsur kesehatan saja, namun terdapat pula kegiatan yang mengandung unsur Pendidikan yang diberikan komunitas tersebut untuk teman-teman mahasiswi Universitas Darussalam Gontor. Adapaun kegiatan tersebut ialah Quiz GenBI yang dilaksanakan usai shalat maghrib tepat. Quiz GenBI merupakan salah satu rentetan kegiatan dalam ‘Fun Friday’ yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan mengenai Bank Indonesia. Adapun materi pertama yang dipilih untuk disosialisasikan ialah mengenai UPK 75 (Uang Peringatan Kemerdekaan 75).

Quiz GenBI tersebut dilaksanakan dengan disebarnya seluruh anggota generasi baru Indonesia tersebut untuk masuk kedalam kamar-kamar yang terdapat dalam masing-masing rayon yang telah ditentukan sebelumnya. Mereka mengisi kegiatan Quiz tersebut diawali dengan sosialisasi mengenai UPK 75 (Uang Peringatan Kemerdekaan75) lalu diselangi oleh beberapa Quiz dalam bentuk pertanyaan mengenai materi tersebut, dan pada akhirnya acara tersebut diakhiri dengan pembagian hadiah kepada para pemenang Quiz. (Tiara)

Leave a Comment