GENBI Berbagi #2: Menyambut Berkah dalam Ukhuwah

Mantingan-10 Muharram 1442 H – bertepatan pada Sabtu (29/08), seluruh warga Universitas Darussalam Gontor melaksanakan puasa Sunnah Asyura’ sebagai salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Nabi Saw. Diantara keutamaan puasa Asyura’ yang sangat istimewa, telah disebutkan dalam hadits: Dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Puasa yang paling utama sesudah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah (syahrullah) Muharram. Sedangkan sholat malam merupakan sholat yang paling utama sesudah sholat fardhu.” (HR. Muslim, no. 1982). Terlebih disukainya amalan sunnah ini, menjadi wajib untuk dilaksanakan terutama bagi mahasiswi UNIDA Gontor.

Pembagian Takjil Rangka Merai Berkah 10 Muharram 1442 H

Dalam rangka memperbanyak amalan sekaligus mengharap keberkahan di bulan Muharram, komunitas Generasi Baru Indonesia (GENBI) Kediri Komisariat Kediri turut menyemarakkan keistimewaan bulan Muharram dengan kembali mengadakan GENBI Berbagi #2 “Berkah dalam Ukhuwah”. Kali ini anggota GENBI UNIDA Gontor berinisiatif membagikan takjil kepada beberapa karyawan/ pekerja pondok, termasuk kuli bangunan, satpam penjaga gerbang dan juga supir bis yang ditemui di pos-pos jaga. Gerakan ini tidak lain ditujukan untuk menunjukkan simpati dan kepedulian dalam ukhuwah islamiyah, terutama untuk saling mengingatkan dan berbuat baik demi mendekatkan diri kepada Allah Swt, termasuk dalam beribadah.

Gerakan Sederhana Tapi Bernilai Berarti oleh GenBi

Meski sederhana, namun kami sungguh berharap gerakan kecil yang demikian dapat kembali menghidupakan rasa, menumbuhkan kepedulian sesama hingga dapat menguatkan tali ukhuwah. Pada akhirnya, bukankah manusia sungguh berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran? (QS. Al-‘Asr[103]:2-3).

(Zahra Hasana Salsabila)

Leave a Comment