UNIDA Gontor – Selasa (21/9/2021) Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Darussalam Gontor melaksanakan kegiatan tahunan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bersama Dr. Akhmad Affandi Mahfudz, M.Ec. secara virtual melalui platform zoom meeting.

Pelatihan Karya Tulis Ilmiah ini diikuti 64 peserta yang terdiri dari Bapak/Ibu dosen dan mahasiswa akhir Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kompetensi dan kualitas dalam penulisan karya tulis ilmiah terutama dalam penulisan jurnal sehingga dapat dipublish di jurnal bereputasi nasional maupun internasional yang terindeks seperti sinta tingkat nasional atau scopus tingkat internasional.

Pelatihan Karya Tulis Ilmiah ini dibuka oleh Bapak Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Dr. Hartomi Maulana, M.Sc.

“Kegiatan tulis menulis merupakan hal terpenting yang harus dimiliki bagi setiap individu, terutama bagi yang terjun dalam dunia akademisi”, ujar beliau dalam sambutannya. Bagi akademisi menulis merupakan hal yang tidak asing lagi, karena bagi akademisi menulis merupakan wadah dalam mengembangkan keilmuannya. 

Materi pelatihan yang disampaikan oleh Dr. Akhmad Affandi Mahfudz, M.Ec. adalah terkait struktur, teknik dan konsep penulisan karya ilmiah dari judul, abstrak, background-study, literature-review, isi pembahasan hingga bagaimana cara mempublikasikan ke jurnal-jurnal bereputasi dan terindeks nasional maupun internasioanal.

Sebelum pelatihan selesai para peserta pelatihan juga diminta untuk menunjukkan karya tulis masing-masing untuk direview, sehingga dapat mengetahui kekurangan dari karya tulis tersebut dan apa saja hal yang harus diperbaiki. [AU. Wildan Ainun Mardianto]              

Leave a Comment