FoSSEI Leadership Camp Jatim 2019: “Tempa Diri Untuk Membangun Bangsa Madani”

Probolinggo-FoSSEI Leadership Camp adalah agenda rutin setiap tahun yang  diselenggarakan oleh kordinator regional FoSSEI Jatim dimana pada tahun sebelumnya acara ini diadakan di KSEI FEB Univ Jember dan IAIN Jember. Pada tahun ini, KSEI Fogeis Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan, Genggong, Kraksaan Probolinggo bertepatan di pantai Binor Harmoni, Paiton, Probolinggo di tunjuk sebagai tuan rumah untuk menyelenggarakan kegiatan FLC tersebut. Minggu (28/4/2019)

FoSSEI Leadership camp yang di kemas dalam bentuk camp berlangsung selama 4 hari ini digagas dengan tema “ Melahirkan Ekonom Rabbani Yang Tangguh Demi Kemaslahatan Umat Yang Utuh”. Tujuan dari kegiatan FLC ini adalah Untuk menjalin ukhwah, hubungan atau kebersamaan antara kader Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) melalui berbagai kegiatan yang emiliki inti untuk mengenalkan Forum Silahturahmi Studi Ekonomi Islam dari berbagai sisi. Kegiatan ini diikuti oleh  seluruh mahasiswa ekonomi islam diseluruh Jawa Timur yang telah bergabung dalam organisari FoSSEI, diantaranya adalah UB, UNAIR, UIN, UM Malang, IAIN Tulungagung, IAIDA Banyuwangi, UTM, IAIN Madura, UNEJ, UNIDA Gontor, dan masih banyak lagi.

Selain Rakereg,Temilreg dan Mureg, FoSSEI leadership camp merupakan salah satu kegiatan terpenting diantaranya, karena selain untuk membentuk karakter atau jiwa pemimpin, peserta juga dapat meningkatkan wawasan ilmu pengetahuannya terkait ekonomi islam dan mereka juga dapat mengetahui dengan jelas apa yang saat ini sedang dihadapi para ekonom islam melalui materi-materi yang telah disampaikan oleh beberapa tokoh terdepan. Adapun sub-sub dari lima materi yang telah disampaikan adalah mengenai Kajian Islam Dalam Dakwah Ekonomi Islam, Ansos dan Reksos, Pentingnya Amal Jama’ah Dalam Ekonomi Islam, Analis Ekonomi Mikro dan Ekonomi Politik serta materi tentang Kepemimpinan. Tidak terlepas dari kegiatan FoSSEI leadership sebelumnya, pada aagenda FLC kali ini pun disertakan kegiatan Kampanye  Nasional Ekonomi Syari’ah yang memang agenda ini diadakan  bertepatan dengan hari lahir FoSSEI. Namun, kegiatan kampanye yang dilakukan oleh peserta kali ini berbeda dengan FLC sebelumnya, dimana kegiatan kampanye nasional ekonomi syari’ah kali ini peserta langsung bertatap muka dengan masyarakat sekitar. Dakwah yang dilakukan adalah mengenai Wakaf. Selain untuk mengamalkan ilmu yang telah didapat dalam kelas, disana peserta juga dilatih untuk berdakwah atau berinteraksi langsung dengan masyarakat, yang tak lepas dari misi FoSSEI itu sendiri yaitu “Pembumian Ajaran Islam Dalam Bidang Ekonomi”.

PKegiatan FoSSEI ini ditutup dengan pembaiatan kader FoSSEI serta kata sambutan yang disampaikan oleh koordinator Regional FoSSEI Jatim Achmad Dika Maulana yang mengatakan bahwa mempertahankan eksistensi  FoSSEI Jatim dalam membumikan ajaran Islam dalam bidang ekonomi merupakan suatu kemutlakan yang harus dilakukan. Oleh karena itu outpu yang diharapkan dari terlaksanakannya agenda ini adalah untuk mencetak kader tangguh dari berbagai KSEI, agar bisa berkontribusi nyata untuk pergerakan ekonomi islam, baik dalam lingkup KSEI, Komisariat, ataupun di Regional dan Nasional. (Chindy Chintya Cahya)

Leave a Comment