FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN UNIDA GONTOR GELAR KEMBALI FEMFEST 2019

Fakultas Ekonomi dan Manajemen menggelar FEMFEST untuk yang kedua kalinya di Ponorogo, mulai 17 Februari sampai 20 Februari 2019. Soft opening FEMFEST 2019 dilaksanakan pada hari Ahad, 17 Februari 2019 dengan FEM Robic bersama Dekanat dan jajaran Rektorat UNIDA Gontor, yang dilanjutkan dengan acara Family Gathering seluruh keluarga besar FEM Unida Gontor.

Soft Opening FEMFEST 2019 dalam Fem Robic

FEMFEST tahun 2019 yang mengambil tema “Reviving Islamic Economics, Business and Finance in Millennials Generation” ini dibuka secara resmi oleh Komisaris Independen PT Maybank Indonesia, Achjar Iljas pada Senin, 18 Februari 2019. Pada acara Opening Ceremony tersebut juga dilanjutkan National Conference yang diisi oleh Deputi Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Rifki Ismal, Kepala Unit Usaha Syariah (UUS) Maybank Dandy Suprandono, Direktur Zico Syariah Akhmad Affandi Mahfudz. FEMFEST 2019 sendiri terdiri dari tiga acara utama yakni International Islamic Economics Olympiad, Entrepreneur Days dan FEMFEST Forum and Exhibition.

Grand Opening FEMFEST 2019

Pada acara Opening Ceremony tersebut juga dilanjutkan National Conference yang diisi oleh Deputi Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Rifki Ismal, Kepala Unit Usaha Syariah (UUS) Maybank Dandy Suprandono, Direktur Zico Syariah Akhmad Affandi Mahfudz. FEMFEST 2019 sendiri terdiri dari tiga acara utama yakni International Islamic Economics Olympiad, Entrepreneur Days dan FEMFEST Forum and Exhibition.

British Parliamentary Style Debate

International Islamic Economics Olympiad terdiri dari berbagai lomba, yakni Call for Paper, International Debate, Intelligent Quiz, dan Poster Video Photography Competition. Adapun Entrepreneur Days juga terdiri dari berbagai kegiatan, yakni Bisnis Model Canvas (BMC), Marketing Debate dan Qur’anic Children.

BMC dalam rentetan Entrepreneur Days

Sementara FEMFEST Forum meliputi kegiatan seminar mengenai Industri Syariah Menuju Transformasi Bisnis Melalui Digitalisasi Ekonomi. Topik yang dibahas antara lain mengenai peta pengembangan industri syariah dan masa depan keuangan digital syariah, strategi dan rencana aksi pemerintah terkait digitalisasi ekonomi dalam mendukung transformasi industri syariah, peran dan strategi perbankan syariah dalam peningkatan penggunaan layanan keuangan digital, peningkatan kompetensi SDM industri syariah melalui penguatan kurikulum ekonomi islam terintegrasi, peran generasi millenial dalam membangun bisnis Islam di era disruptif hingga kegiatan Tabligh Akbar yang bertajuk menjadi Muslim yang tangguh di era millenial.

Seminar Nasional FEMFEST 2019

Selain itu, FEMFEST Forum juga menghadirkan Training of Trainers Riset Bank Indonesia selama tiga hari. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 250 pengajar ekonomi di tingkat perguruan tinggi sekitar Jawa Timur dan Jawa Tengah, Praktisi Pelaku Bisnis Islami Regional dan Nasional, Pakar Ekonomi dan Manajemen Islam.

Dr. Ascarya dan Dr. Tony mengisi TOT Riset Bank Indonesia

Sedangkan FEMFETS Exhibition meliputi kegiatan pameran produk halal industry, product Muslim enterpreneur yang terdiri dari 15 booth UMKM, 5 booth Perbankan Syariah, serta booth Bank Indonesia dan booth Reseacrh Clinic BINS ikut meramaikan FEMFETS 2019 kali ini.

Konsep rentetan FEMFEST 2019 ini diharapkan mampu memberikan edukasi kepada mahasiswa dan masyarakat bahwa ekonomi Islam tidak terbatas pada lembaga keuangan saja (baik bank ataupun non-bank) tetapi juga meliputi sektor/bisnis riil. Target penyelenggaraan FEMFEST 2019 tersebut antara lain untuk mendorong Jawa Timur khususnya sebagai regional pengembangan Ekonomi Islam terbesar. (atika)

Leave a Comment