Ekonomi Islam: Jangan Pisahkan Fungsi Ekonomi dari Masjid

Hampir setiap rabu malam bada isya’ dosen Ekonomi Islam melakukan pembinaan terhadap ta’mir masjid Annur Dadung Mantingan. Pengurus Masjid menjadi bersemangat setelah dibina oleh dosen dosen prodi Ekonomi Islam. Pasalnya, sebelum diadakan pembinaan, ta’mir masjid sukar sekali untuk dikumpulkan. Namun setelah adanya pembinaan ini, hampir setiap rabu seluruh ta’mir bisa berkumpul di masjid.

Banyak program-program baru yang diadakan diantaranya pengajian ahad pagi setiap selapanan, kajian tafsir, Tahsin Qiroah, kajian Bidayatul Mujtahid, mendirikan LAZIS masjid, pengadaan program SEGO JUM’AT dsb. Yang menarik dari program pengajian ahad pagi adalah adanya doorprize bagi jamaah yang mana hadiahnya berasal dari jamaah sendiri, dengan bentuk yang bermacam-macam, ada jamaah yang jualan teko, maka menyumbangkan teko, ada jamaah yang jualan bantal, maka sedekah bantal, bahkan tidak sedikit juga yang menyumbangkan berupa sembako.

Diawal ta’mir hanya menyediakan 10 bungkus sembako sebagai hadiah, namun setelah berjalannya waktu dengan kepedulian jamaah. Sekarang sudah mencapai seratus hadiah doorprice. Dari 500 – 700 jamaah yang hadir, berarti sekitar 20 persen mandpaatkan hadiah. Tujuan doorprize tersebut tentunya hanya untuk penyemangat dan menambah rasa empati sesama jamaah. Dan setelah pengajian usai, ada makan prasmanan dari Jama’ah juga, sehingga semakin guyub antara jamaah untuk saling berbagi. Program yang terbaru dari ta’mir An Nur adalah pendirian lembaga zakat infak sedekah annur dadung disingkat dengan nama LAZIS ANDA.

Metode yang digunakan dalam penghimpunan infak yaitu melalui penyebaran kencleng kecil ke seluruh jamaah yang bersedia. Diawal tersebar 60 kencleng dan InsyaAllah kedepan akan menambah menjadi seratus kencleng. Metode ini cukup baik ternyata, meakipun banyak recehan yang didapat dari jamaah namun jumlahnya mencapa 2 juta lebih. Sehingga bisa disalurkan untuk membatu kemiskinan, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. (Andi Triyawan)

Penberdayaan Ekonomi Ummat Melalui Masjid

Leave a Comment