Economics and Management Science Society Challenge

Malaysia-Alhamdulillah, Universitas Darussalam Gontor dapat berkiprah dalam event internasional di Malaysia dalam event EMSC IIUM ( Economics and Management Science Sosiety Challenge) 2019 yang di adakan di International Islamic University Malaysia (IIUM). Pada tanggal 27-29 September 2019. Dalam event ini di ikuti oleh 20 tim dari berbagai universitas yaitu IIUM,MONASH, SUNWAY, MSU, INTEC, UITM, UNISHAMS, MMU dan univeritas dari luar Malaysia yaitu UNIDA dan UNISSA Brunnei Darussalam. Kompetisi ini terdiri dari 4 bidang yaitu dalam bidang Bussines, Finance, Accounting, dan Economics, yang dimana disetiap tim harus memberi kebijakan atau problem solving dari study kasus Malaysia yang telah di berikan.

Persiapan mahasaiswi UNIDA di event EMSC IIUM

Bussines Challenge yang dimana berkonsep seperti BMC (Bussines Model Canvas) ide bisnis yang ramah lingkungan dengan berpatokan SDG’S yang ke 13 yaitu Penanganan Perubahan Iklim. Finance Challenge dimana setiap tim menganalisis sebuah perusahaan di malaysia seperti, Nestle Berhad, Petronas Group Berhad, SP Setia Berhad, NetX Holding Berhad, Sime Darby Platation Berhad. Untuk menginvestasikan uang nya dalam bentuk saham,reksadana ataupun yang lain. Accounting Challenge, setiap tim menganalisis perusahaan CIMA dengan study kasus nya, dengan di berikan waktu 2 jam, tiap tim tidak diperbolehkan membuka jaringan internet. Setiap finalis di berikan waktu beberapa menit untu menyelesaikan studi kasus yang di berikan dan di presentasikan di depan dewan juri yang berasal dari praktisi. Economics challenge ada 2 babak yaitu economic challenge dan debate challenge, debate challenge yang di ikuti oleh 4 tim tertinggi nilai nya dalam babak ini.

Selanjut nya dari akumulasi nilai 4 challenge yang telah di lalui semua tim, 5 tim teratas yang akan masuk Ultimate Challenge dan Buzzer Challenge. Sistem yang diterapkan seperti cerdas cermat dengan beberapa 5 soal yang di berikan per tim dan 16 soal rebutan. Di event ini di menangkan oleh MONASH University, IIUM, dan MMU.

Peserta UNIDA Gontor Kampus Putri di Event EMSC IIUM

Dalam event ini kami di bimbing oleh dosen kami yang menempuh jenjang S3 nya di IIUM yaitu Ust Adib Susilo, Ust Kurniawan, dan Ust Yayan. Beliau telah membimbing kami selama mengikuti event ini dan membriefing kami. Sebuah perlombaan menang kalah sudah biasa, yang di perlukan disini adalah pengalaman, dan ilmu yang telah kita dapatkan, dan menjalin silahturahmi sesama umat muslim, di lomba ini kita melalui proses yang mendidik kita dari jiwa keikhlasan, jiwa perjuangan, dan yang terpenting niat kita adalah Lillah. Mulailah dari hal kecil karena dengan hal kecil kita dapat maju, kalau bukan sekarang kapan lagi, kalau bukan kita siapa lagi. (Bunga)

Leave a Comment