Economic Public

Share

 

OUTLINE MATAKULIAH

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Bismillahirrahmanirrahim

1. INFORMASI UMUM
1. Matakuliah : Ekonomika Publik-2
2. Kode Matakuliah : EI.5.1.1.3.34
3. Bobot : 3 SKS
4. Kelas/Hari/jam : EI-5
5. Konsultasi : 24-7
6. Pesan/Konsultasi : by appointement and sms 081331396109
7. Dosen : Royyan Ramdhani Djayusman, M.A.
  1. ARTI PENTING MATAKULIAH

Matakuliah ini merupakan materi lanjutan dari matakuliah sebelumnya yaitu Ekonomika Publik-1. Dalam matakuliah ini, dilakukan tahap awal dari integrasi antara ilmu ekonomi publik kontemporer dengan ilmu ekonomi Islam sebagai tahap awal dari proses Islamisasi Ilmu ekonomi. Artinya, konsep-konsep inti dalam ekonomi publik seperti kosep keuangan negara, konsep pasar, konsep barang, konsep eksternalitas mulai dikaji dari perspektif ilmu ekonomi Islam. Selain itu, integrasi juga dilakukan dengan menggabungkan konsep Ilmu ekonomi Islam dalam kajian ilmu ekonomi publik yaitu konsep falah dan mashlahah, konsep norma dan konsep hisbah. Sehingga, pada pembahasan materi ekonomika publik akan fokus kepada konsep-konsep seperti konsep falah dan mashlahah, konsep keuangan negara, konsep norma, konsep hisbah, konsep barang, konsep pasar dan konsep eksternalitas.

  1. DESAIN KOMPETENSI
  2. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL);

Setelah mengikuti perkuliahan selama 1 (satu) semester,  mahasiswa diharapkan mampu menyimpulkan dalam bentuk kritik atau analisis kebijakan ekonomi publik diIndonesia berbasarkan teori ekonomi publik dari perspektif Islam dalam sebuah paper 10-12 halaman.  (C-6)

  1. Kemampuan Akhir Tiap Tahap Pembelajaran

Setelah mengikuti mata kuliah ini selama 1 (satu) semester, diharapkan mahasiswa mampu:

  1. menunjukkan hubungan antar konsep norma, konsep hisbah dan konsep keuangan negara dalam mencapai mashlahah dan falah dalam 7 (tujuh) paragraf; (C-4)
  2. membandingkan anggaran penerimaan dan pengeluaran pemerintah berdasarkan teori budgeting dari perspektif Islam dalam 7 (tujuh) paragraf; (C-6)
  3. menghubungkan konsep norma, konsep hisbah dan konsep keuangan negara dalam mengatasi dan mengelola eksternalitas berdasarkan teori/konsep eksternalitas dalam 7 (tujuh) paragraf; (C-6)
  4. menghubungkan konsep norma, konsep hisbah dan konsep keuangan negara dalam menjamin keseimbangan pasar berdasarkan teori/konsep pasar dalam 7 (tujuh) paragraf; (C-6)
  5. menghubungkan konsep norma, konsep hisbah dan konsep keuangan negara dalam menjamin ketersediaan/akses terhadap barang berdasarkan teori/konsep barang dalam 7 (tujuh) paragraf; (C-6)
  6. RENCANA ALOKASI WAKTU PERKULIAHAN

Sesi Materi Ke-

  • Pengantar Kuliah.
  • Konsep Falah dan Mashlahah sebagai tujuan dalam ilmu Ekonomi Islam.
  • Konsep keuangan negara, konsep norma dan konsep hisbah hubungannya dengan konsep falah dan mashlahah. (Tugas 1)
  • Perbandingan antara anggaran penerimaan dan pengeluaran pemerintah berdasarkan teori budgeting dalam perspektif ekonomi Islam.
  • Perbandingan antara anggaran penerimaan dan pengeluaran pemerintah berdasarkan teori budgeting dalam perspektif ekonomi Islam. (Tugas 2)
  • Konsep eksternalitas dan hubungannya dengan konsep norma dan hisbah.
  • Hubungan konsep keuangan negara dan hubungannya dengan konsep

Eksternalitas. (Tugas 3)

  • UTS (Waktu Akhir Menyerahkan Revisi Tugas 1-3)
  • Hubungan antara konsep norma dan hisbah dengan konsep pasar. 10 Hubungan antara konsep keuangan negara dengan konsep pasar. (Tugas 4)
  • Hubungan konsep norma dan hisbah dengan konsep barang.
  • Hubungan antara konsep keuangan negara dengan konsep barang.
  • Hubungan antara konsep keuangan negara dengan konsep barang, lanjutan… (Tugas 5)
  • Masalah kebijakan ekonomi publik Indonesia dalam perspektif ekonomi publik Islam (Tugas 6)
  • Masalah kebijakan ekonomi publik Indonesia dalam perspektif ekonomi publik

Islam, lanjutan (Revisi…Tugas 6)

  • UAS (Waktu Akhir Penyerahan Revisi Tugas 4-6)
  1. SUMBER RUJUKANسلم، أبي عبيد القاسم بن. 1989. كتاب الموال.      تقديم ودراسة وتحقيق الدكتور محمد عمارة.  . :  الطباعة الولى بيروت دار الشروق.صديقي،   محمد نجاة الله. 2007.      . :  تدريس علم الاقتصاد السلمي المالية العامة جدة مركز النشر    العلمي جامعة المللك عبد العزيز.
  1. STRATEGI PEMBELAJARAN

Untuk mencapai kompetensi, kuliah menggunakan strategi pembelajaran aktif atau Student Centered Learning (SCL) yang berorientasi kepada keterlibatan aktif mahasiswa.

  • Pertama, tugas setiap akhir kompetensi yang menekankan aspek kemampuan akhir tiap akhir tahap pembelajaran pada setiap kompetensi yaitu: 5 (lima) resume;
  • Kedua, 1 (satu) makalah ilmiah tentang analisa kebijakan ekonomi publik Indonesia berdasarkan teori ekonomika publik dari perspektif Islam;
  • Ketiga, tugas-tugas yang menekankan aspek proses perkuliahan, yaitu: partispasi kelas harian, keaktifan dan disiplin waktu.
  1. TUGAS DAN SISTEM EVALUASI
  2. Model Tugas

No

Model Tugas Ketentuan Bobot

%

Waktu Penyerahan
1 Keaktifan dalam perkuliahan kontribusi pertanyaan dan komentar di kelas, kehadiran di kelas 20 Setiap pertemuan
2 5 (lima) tugas tes kompetensi dalam bentuk resume singkat 3-7 paragraf 50 Setiap pertemuan
3 1 (satu) tugas akhir dalam bentuk makalah ilmiah singkat 10-12 halaman

20-30 paragraf

30 16 April 2016
Jumlah 100
  1. Deskripsi Tugas
    1. Keaktifan dalam perkuliahan: keaktifan mahasiswa dalam memberi kontribusi pemikiran baik berupa pertanyaan maupun komentar dalam suasana beretika dan ukhuwah Islamiyah.
    2. Tugas Tes Kompetensi: adalah resume atau ringkasan atau kesimpulan dari setiap materi sebagai bukti persiapan kuliah.
    3. Tugas akhir: merupakan makalah yang menyimpulkan kebijakan ekonomi publik di Indonesia berdasarkan teori ekonomika publik dari perspektif ekonomi Islam sesuai dengan standar penulisan ilmiah.
    4. PANDUAN
  2. Pembuatan Resume atau Kesimpulan (Tes Kompetensi 1-5)
    • Jumlah halaman antara 3-7, jarak spasi 1.5 pt., font times new roman, ukuran 12 pt., format paragraf justifylow (rata kanan-kiri), margin atas, bawah, kanan, kiri 3cm.
    • Ukuran kertas A4;
    • Menggunakan catatan kaki (footnote) pada setiap pernyataan yang diambil dari sumber rujukan, ukuran font pada footnote 10pt., indent 1.27pt., spasi tunggal (singgle), paragraf justifylow;
    • Setiap paragraf terdiri dari satu kalimat yang menjelaskan ide pokok (main idea) dan 4-6 kalimat pendukung (supporting idea) atau data-data yang menguatkan ide pokok (main Idea).
  1. Pembuatan Makalah Ilmiah1) Pendahuluan, mencakup :
    • Latar belakang masalah (satu paragraf)
    • Masalah yang akan diteliti dinyatakan dengan JELAS secara tertulis (satu paragraf)
    • Teori dan Pendekatan yang dipakai.

2) Isi adalah :

  • Pembuktian terhadap pernyataan masalah yang telah dikemukakan dalam pendahuluan.
  • Uraian adalah penyajian argumen-argumen yang bersifat analisis, sintesis, atau evaluatif tentang tesis yang ada dalam pendahuluan.
  • Pendekatan dan metode tergantung pada masalah yang diteliti.
  • Semua argumen dirujuk dari teks yang diteliti.

3) Kesimpulan :

  • Re-statement/pernyataan ulang masalah yang dimuat dalam pendahuluan.
  • Kesimpulan harus berdasarkan isi pembahasan yang telah ditulis.
  • Kesimpulan tidak lebih dari dua paragraf saja.
  • Bahasa bersifat menguatkan pikiran-pikiran yang telah dikemukakan.

4) Bibliografi :

  • Gunakan referensi yang telah ditentukan sebagai sumber primer.
  • Gunakan paling tidak 2 (dua) jurnal penelitian tentang ekonomika publik khususnya para permasalahan yang dibahas.
  • Gunakan referensi data-data keuangan pemerintah, BPS, informasi dari media pemberitaan cetak atau online sebagai sumber sekunder.
  1. Panduan Penulisan
  2. Penulisan Footnote, berdasarkan sumber tulisan/referensi adalah sebagai berikut:
    1. dari sumber Jurnal Ilmiah [1].
    2. dari sumber Buku. [2]
    3. dari sumber Artikel di Internet. [3]
    4. dari sumber Berita di Internet. [4]
    5. dari sumber Alqur`an[5]
    6. dari sumber Skripsi[6]
  3. Penulisan Bibliograf , berdasarkan sumber tulisan/referensi adalah sebagai berikut:

Jika sumber berupa buku:

Mangkoesoebroto, Guritno. 2013. Ekonomi Publik. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.

Samuelson, Paul. A. 2005. Economics. 8th ed. . New York : Mc. Graw Hill.

Chapra, M. Umer. 2001. Masa Depan Ilmu Ekonomi Sebuah Tinjauan Islam. (terjemahan dari: The Future of Economics: An Islamic Perspective). Jakarta: Gema Insani Press.

Jika sumber berupa kumpulan karangan, jurnal atau bunga rampai:

Widyatma, Zulfikar Yoga. “Konsep Kepemiminan Menurut Al-Mawardi” Jurnal Ijtihad:

Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam. (No.1, Vol. 8, Rabiul Awal 1435/2014), hal. 87-98.

Jika sumber berupa artikel media massa dari internet:

Bahaya Merokok, Senin 24 Maret 1999/4 Dzulhijjah 1419, Republika, dalam situs www.republika.co.id

Jika sumber berupa berbahasa Arab:

سلم،                    أبي عبيد القاسم بن. 1989.  كتابالموال.                   تقديم ودراسة وتحقيق الدكتور

.                     .          :        محمد عمارة الطباعة الولى بيروت دار الشروق.

  1. STANDAR DAN KRITERIA TUGAS MAKALAH ILMIAH

 

8

  1. SARAN-SARAN
  • Hal-hal yang kurang jelas, jangan segan-segan untuk bertanya di dalam kelas atau di luar kelas.
  • Biasakanlah bekerja dengan rencana/jadwal. Sangat kurang bijak, apabila menundanunda pekerjaan, apalagi ketika pekerjaan yang membutuhkan pemikiran dan studi kasus.
  • Buatlah rencana belajar anda untuk satu semester dalam selembar kertas dan tempel pada tempat yang sering dan mudah anda lihat.
  • Jadwalah tugas-tugas kuliah anda khususnya yang menuntut penulisan makalahmakalah ataupun resume sesuai dengan deadline pengumpulan.
  • Saran no.1,2,3 dan 4 sangat membantu anda tidak mengalami stress/kesulitan pada kemudian hari.
  • Kerjakan setiap tugas anda secara mandiri dan penuh dengan kejujuran. Ketidakjujuran seperti copy paste/plagiasi akan mendapatkan sanki berupa nilai NOL.
  • Selamat bekerja keras! Man jadda wajada! DO YOUR BEST!

—Allahu yusahhil umuurana—

Univeristas Darussalam Gontor,

23 Syawwal 1437/28 Juli 2016 Dosen,

Royyan Ramdhani Djayusman

Email. royyan@unida.gontor.ac.id

web. www.ekonomikapublik.com

Lampiran A

Blanko Penilaian Resume (Tugas Tes Kompetensi 1-5) –dijadikan cover pada halaman depan tugas yang dikumpulkan–

Nama        : ………………………………….. NIM : ………………………………….. Kelas      : ………………………………….. No. TK       : …………………………………..

 

Lampiran B

Blanko Penilaian Makalah (Tugas Tes Kompetensi Akhir No.6) –dijadikan cover pada halaman depan tugas yang dikumpulkan–

Nama        : ………………………………….. NIM : ………………………………….. Kelas      : ………………………………….. No. TK       : …………………………………..

No      NILAI                                                     UNSUR dan KRITERIA

(15 %)         Pendahuluan

5            Menyatakan  jelas pokok masalah, teori yang digunakan dan latar tesis. 4      Lebih lemah dari versi 5

  • 3 Pendahuluan terlalu panjang. Kerangka fikir diungkapkan tetapi tidak jelas
  • Lebih lemah dari versi 3

1            Sedikit atau tidak ada usaha deskripsi kerangka fikir dalam pendahuluan atau deskripsi.

(50 %)          Kualitas Argumen

5            Mengembangkan argumen logis, ide yang relevan dengan bukti yang jelas. 4 Lebih lemah dari versi 5

  • 3 Beberapa aspek argumen dan penggunaan bukti-bukti lemah

2              Lebih lemah dari versi 3

1            Kelemahan terbesar dalam argumen dan penggunaan bukti atau tidak ada argumen.

(20 %)           Penggunaan Bukti-Bukti

5            Menggunakan bukti-bukti/data-data. Memperlihatkan hubungan antara bukti dan kerangka fikir/teori

  • 4 Lebih lemah dari versi 5

3                Beberapa pencantuman materi yang tidak relevan.

2              Lebih lemah dari versi 3

1              Kebanyakan materi tidak relevan

(5 %)          Presentasi

5                 Penggunaan bahasa yang efektif dan benar. Referensi tepat. Jelas

  • Lebih lemah dari versi 5
  • 3 Beberapa kesalahan kecil dalam tatabahasa, sintaksis dan pengacuan. Cukup jelas

2              Lebih lemah dari versi 3

1              Banyak kesalahan. Tidak jelas

(10 %)         Kesimpulan

  • Menggambarkan uraian argumen. yang koheren terhadap pertanyaan masalah

4              Lebih lemah dari versi 5

3 Kesimpulan jelas berdasarkan argumen dan bukti-bukti yang disajikan 5 2 Lebih lemah dari versi 3

1 Sedikit/tidak ada kesimpulan/tidak berdasarkan argumen dan bukti dalam makalah Komentar Singkat 6

[1] Zulfikar Yoga Widyatma, “Konsep Kepemiminan Menurut Al-Mawardi” dalam Jurnal Ijtihad: Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam. (No.1, Vol. 8, Rabiul Awal 1435/2014), p.87.

[2] Muhammad Muslih, Filsafat Ilmu, Kajian Atas Asumsi Dasar, Paradigma, dan Kerangka Teori, Ilmu Pengetahuan, (Yogyakarta: Belukar, 2004), p.34

[3] Merdies Almasier, Kerugian Negara dan Masyarakat Akibat Bahaya Rokok terhadap Kesehatan. Artikel Komite Nasional Penanggulangan Masalah Merokok (Komnas PMM), dalam situs www.antirokok.or.id/.

[4] 4Republika, Bahaya Merokok, Senin 24 Maret 1999/4 Dzulhijjah 1419, dalam situs

www.republika.co.id/

[5] QS. Al-Baqarah: 123.

[6] Verary Pratama Putri. Analisis Peranan Zakat Produktif terhadap Pemberdayaan Ekonomi. Skripsi Tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Universitas Darussalam Gontor. 2016.