Tim Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) Fakultas Ekonomi & Manajemen (FEM) dan Fakultas Sains & Teknologi (Saintek) Universitas Darussalam Gontor menggelar launching produk unggulan Desa Ngrogung, pada Sabtu (1/1/2022). Bertempat di Agrowisata Kampung Durian, Desa Ngrogung Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo, kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor UNIDA Gontor, Prof. Dr. KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed., M.Phil., Kepala LPPM UNIDA Gontor, Dr. Muh Fajar Pramono, M.Si., Kepala Divisi Abdimas, Riza Ashari, M.Pd.I., Camat Ngebel Bpk Yusub Dharmadi Jaya Prabowo, UPT Dinas Pertanian Ngebel dan seluruh penyuluhnya. Kegiatan launching produk UMKM dimaksudkan untuk memperkenalkan produk lokal unggulan Desa Ngrogung yang merupakan Desa Binaan FEM Unida Gontor, juga pembukaan Kampung Durian setelah pandemi.

Tamu-tamu Undangan Santap Durian

UNIDA Gontor memperoleh pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dalam melaksanakan program ini sejak tahun 2019. Selama 3 tahun tersebut, rencana yang ingin dicapai ialah menjadikan Kampung Durian sebagai agrowisata sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa yang lebih baik melalui pemanfaatan sumberdaya lokal yang memiliki nilai ekonomi.

Pada tahun terakhir, kegiatan pemberdayaan UMKM lokal khususnya produk olahan durian di Desa Ngrogung, Ngebel, Ponorogo bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah produk olahan durian sehingga dapat menjadi oleh-oleh khas Ngebel dan bersaing dengan produk lainnya. Guna meningkatkan nilai tambah produk lokal unggulan Desa Ngrogung, tim abdimas PPPUD UNIDA Gontor tidak hanya menggelar launching produk tetapi juga berencana membuka Gerai Kue Durian Kanjeng di desa tersebut. Kedua kegiatan tersebut disambut baik oleh mitra UMKM.

Bazaar dalam Acara Launching Produk Unggulan

Windari selaku salah satu mitra UMKM mengaku bahwa kegiatan launching produk UMKM memudahkan dalam memasarkan produk ke khalayak ramai. “Adanya kegiatan ini meningkatkan daya tarik Kampung Durian sehingga kedepan tempat wisata ini akan lebih ramai dan produk-produk yang dihasilkan lebih mudah terjual di pasar,” ujar Windari.

Kebermanfaatan Program PPUD UNIDA Gontor juga dirasakan oleh Camat Ngebel, yaitu Yusub Dharmadi Jaya Prabowo. Beliau menyebutkan bahwa kegiatan tersebut sejalan dengan visi misi Bupati Ponorogo, Bpk H. Sugiri Sancoko, SE., MM. yang dapat meningkatkan perekonomian warga dan memberdayakan desa.

Sambutan Camat Ngebel

Rektor UNIDA Gontor, Prof. Dr. KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed., M.Phil., mendukung kegiatan ini dan berharap kegiatan tidak berhenti di sini. Beliau menyebutkan bahwa UNIDA Gontor memiliki Prodi TIP (Teknologi Industri Pertanian) yang dapat membantu pemanfaatan sumberdaya lokal dan juga Ilkom (Ilmu Komunikasi) serta Prodi TI (Teknik Informatika) juga dapat membantu dalam pemanfaatan teknologi untuk pemasaran produknya. Beliau sekaligus melaunching produk-produk unggulan Kampung Durain. Produk produk unggulan tersebut diantaranya seperti Rollcake Kanjeng, Bolu Kanjeng dan Pie Kanjeng.

Sambutan Rektor UNIDA Gontor

“Semoga produk unggulan tersebut bisa ikut dalam bazar desa hingga pameran-pameran, sehingga diharapkan keberlangsungan produksi olahan durian ini tetap berjalan walau kerjasama dengan Kemendikbud Ristek telah berakhir di 2021,” kata ketua program PPUD UNIDA Gontor, ibu Atika Rukminastiti Masrifah, M.E.Sy.

Beliau menyampaikan terimakasihnya kepada mitra UMKM, pengelola Kampung Durian dan perangkat desa Ngrogung yang telah memfasilitasi pembukaan kebun dan kegiatan launching produk tersebut. “Kami berharap dengan adanya acara ini, produk-produk Kampung Durian menjadi lebih dikenal masyarakat luas sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa,” pungkasnya.

Pengunjung Meramaikan Acara Launching