Yogyakarta – Senin, 24 Februari 2020, Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) Universitas Darussalam Gontor (UNIDA GONTOR) gelar promosi doktor di Program Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Pada kesempatan ini Al-Ustadz Khoirul Umam, S.H.I., M.Ec. yang merupakan mahasiswa doctor di Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia dan merupakan Dosen sekaligus Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Darussalam Gontor. Beliau resmi menyandang gelar doktor yang ke-169 di Universitas Islam Indonesia, dan yang ke-39 di UNIDA GONTOR. 

Ujian terbuka promosi doktor dipimpin oleh ketua sidang Prof. Fathul Wahid, ST., M.Sc., PhD. (Rektor UII) dan tim promotor Prof. Abdul Ghafar Ismail, PhD., Drs. Ahmad Tohirin, PhD., dan Prof. Jaka Sriyana, M.Si., PhD., serta tim penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Abdul karim, M.A., Drs. Akhsyim Affandi, PhD., dan Abdul Hakim, M.Ec., PhD.. Disertasi yang berjudul “Konsep Uang Endogen Islam pada Sistem Perbankan islam Berbasis uang Fiat dan Cadangan Wajib Sebagian” dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan.

Disertasi yang diujikan bertujuan untuk menganalisa konsep uang endogen Islam dalam konteks uang fiat dan system cadangan wajib Sebagian perbankan dna menganalisa bukti-bukti empiris endogenitas uang islam dalam system uang fiat dna cadangan wajib Sebagian perbankan pada JUB perbankan Islam Indonesia dan Malaysia. Metode empiris yang digunakan yaitu Analisa model ARDL dan VAR/VECM.

Selamat kepada Dr. Khoirul Umam, S.H.I., M.Ec., semoga gelar dan ilmu yang didapatkan berkah dan berguna bagi dunia pendidikan, dan memajukan dunia pendidikan serta UNIDA Gontor. [aihilmia]

Leave a Comment