LKBB Gladi I

ei.unida.gontor.ac.id – Pekan Perkenalan Khutbatu-l-Arsy merupakan salah satu acara wajib yang dilaksanakan oleh Pondok Modern Darussalam Gontor, pondok-pondok cabang dan juga Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor setiap setahun sekali. Khutbatu-l-Arsy di UNIDA Gontor atau yang dikenal dengan pekan perkenalan adalah cara Civitas Akademika Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor memperkenalkan institusi dan kelembagaanya kepada mahasiswa baru.

Dikutip dari (www.gontor.ac.id) Khutbatu-l-Arsy secara bahasa berarti “pidato di atas singgasana”, dinamakan demikian karena pada masa orientasi tersebut bapak pimpinan PMDG memberikan wejangan-wejangan berupa kuliah umum yang diadakan sebanyak 4 babak selama 2 hari. Sebagaimana juga pelaksanaan Khutbatu-l-Arsy di Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor. Namun sebelum pelaksanaan Khutbatu-l-Arsy, panitia menyelenggarakan persiapan-persiapan dan pelatihan-pelatihan, seperti latihan penampilan, atraksi-atraksi dan salah-satunya juga LKBB.

LKBB atau kepanjangan dari Lomba Keterampilan Baris Berbaris merupakan kegiatan persiapan rutin sebelum pelaksanaan (Pra) Khutbatu-l-Arsy di UNIDA Gontor. LKBB ini diikuti oleh seluruh Program Studi di UNIDA Gontor, yaitu 16 Program Studi dari 8 Fakultas. Tidak luput dari keikutsertaan salah satunya adalah Program Studi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) hadir dan semangat turut mensukseskan LKBB tahun ini.  Latihan LKBB tahun ini dilaksanakan setiap hari pukul 13.00 WIB setelah dibuka pada hari-hari sebelumnya. Tempat-tempat latihan telah dibagi dan ditentukan oleh pihak panitia Khutbatu-l-Arsy, adapun mahasiswa dari Prodi Ekonomi Islam bertempat di depan Gedung Zubair (Gedung Lama).

Barisan Program Studi Ekonomi Islam di Depan Gedung Zubair

Hari-hari latihan memang diwarnai dengan mendung dan gerimis hujan, namun sepertinya tidak menyurutkan semangat para peserta LKBB, khususnya dari Prodi Ekonomi Islam. Nampak gagah, wibawa dan berbaris rapi saat diberikan pembekalan semangat oleh Kaprodi Ekonomi Islam Al-Ustadz Mufti Afif, Lc., M.A. yang didampingi oleh Al-Ustadz Meichio Lesmana, S.E., M.E. (Bag. Kemahasiswaan Prodi Ekonomi Islam), dalam kesempatan ini beliau menyampaikan:

“LKBB di Gontor secara umum dan UNIDA khususnya adalah sarana melatih mahasiswa/santri utk selalu kompak dan berdisiplin. Kegiatan LKBB dilakukan di awal tahun juga untuk membangun kebersamaan antar anggota tim. Khususnya ketika nanti LKBB ini dijadikan ajang perlombaan. Dalam latihan ini mendapatkan juara tidak penting, tapi sangat penting bila barisan LKBB dari tim prodi EI dan FEM secara umum bisa dijadikan contoh bagi tim Prodi-Prodi yang lain. Mari berlatih bersungguh-sungguh, bersemangat karena untuk kebaikan bersama dan membesarkan hati keluarga FEM.” terang beliau.

Kaprodi Ekonomi Islam memberikan motivasi dan pembekalan

Pimpinan regu kali ini adalah Ikhsanul Amal, Mahasiswa Semester 5 dan diikuti oleh 25 tim anggota LKBB dari Prodi Ekonomi Islam. Menurutnya LKBB tahun ini mengajarkan arti kebersamaan yang dipresentasikan dalam baris-berbaris, memberi semangat dengan pencapaian prestasi yang telah didapatkan pada tahun lalu yaitu mendapat juara pertama dalam baris-berbaris. Dalam sebuah perintah dan komando baris-berbaris kepada tim nya Amal menyampaikan:

“Tim harus serius di setiap latihan, juga memanfaatkan dan memanajemen waktu dengan sebaik mungkin.”

Dan Alhamdulillah patut disyukuri dalam momen Gladi Kotor 1 LKBB ini pada hari Ahad, 20 Juni 2021 Program Studi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) menjadi Prodi dengan barisan terbaik pertama. Meskipun masih dalam tahap Gladi Kotor 1 LKBB, tentu ini dapat menjadikan pijakan dan motivasi yang tidak pernah menyurutkan semangat untuk menuju hasil terbaik pada tahap-tahap berikutnya.

Hasil Gladi Kotor I LKBB

Ahad, 9 Dzulqodah 1442/20 Juni 2021

Barisan Prodi terbaik:

  1. Prodi Ekonomi Islam
  2. Prodi Manajemen
  3. Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

Barisan Prodi yang harus diperbaiki

  1. Prodi TIP dan Prodi Agroteknologi
  2. Prodi Studi Agama- Agama (SAA)
  3. Prodi Perbandingan Madzhab

Pada akhirnya menang bukan tujuan yang sesunggunya, membangun dan merawat kebersamaan dalam bingkai Ukhuwah Islamiyyah adalah tujuan yang sesungguhnya dan bahkan lebih mulia. Sebagaimana pesan dan nasehat yang disampaikan di atas bahwa kegiatan LKBB ini dilakukan untuk membangun kebersamaan antar anggota tim dan melatih bersungguh-sungguh, bersemangat karena untuk kebaikan bersama yaitu Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor. (Meichio_Ikh_Amal)

Leave a Comment