Bagaimana sih Serunya Mahasiswa/i Universitas Putra Malaysia Belajar di Gontor???

Pada hari sabtu, 31 Maret – Selasa, 2 Maret 2019 Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor kedatangan tamu dari UPM (Universitas Putra Malaysia) merupakan salah satu universitas yang berdominasi dalam bidang pertanian. mereka berkesempatan untuk belajar terkait program wakaf dan pertanian di Gontor.

Hari pertama mereka berkunjung di Kampus Putri Gontor Putri Mantingan Ngawi, disana mereka belajar lahan yang dimilik di Gontor Putri. Yang mana dikelola oleh YPPWPM (Yayasan Pemeliharan dan Perluasan Wakaf Pondok Modern) dan saat ini telah memiliki tanah wakaf 1025ha, dan berbagai macam usaha produktif untuk menopang kemandirian Pondok. Ketua Yayasan Pemeliharan dan Perluasan Wakaf Pondok Modern adalah Al Ustadz Imam Shobari, S.Ag.

Pada hari kedua mereka berkunjung ke Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor. Unit usaha pondok yang pertama dikunjungi adalah La Tansa Department Store yang bergedung 3 lantai, Lantai 1 terdiri dari La Tansa Apotik, Rumah Makan La Tansa Gontor dan La Tansa Store kemudian lantai 2 tediri dari La Tansa Books Store dan Lantai 3 adalah kamar dari staf La Tansa Department Store tinggal. Disana mereka dijelaskan terkait asal mula berdirinya La Tansa dengan lika-liku perjuangan dan membutuhkan proses sampai berkembang sampai saat ini. Selanjutnya setelah dari La Tansa Department Store panitia mengadakan acara kumpul bersama Dewan Mahasiswa (DEMA) UNIDA yang menjelaskan terkait devisi-devisi di dalamnya seperti, Devisi Internal, Eksternal, Kerohanian, Keilmuan dan Riset, Sumber Daya Manusia, Olahraga dan lainnya. Kemudian ditutup dengan pekumpulan dengan Unit Kegiatan Mahsiswa (UKM) Luar Negeri, yang mana menjelaskan kehidupan dan kegiatan mahasiswa (Malaysia, Brunei, Thailand dll) di dalam kampus ataupun di luar kampus dengan harapan dapat berkembang seperti mahasiswa UNIDA yang lainnya.

Pada hari ketiga, mereka melanjutkan kunjungan dan belajar ke Unit-Unit Usaha Pondok Gontor dengan bertempat di Darussalam Press, Air Minum Darussalam (AMIDAS), La Tansa Konveksi Gontor, La Tansa Bakery dan terakhir Slep Gontor. Mereka dijelaskan bahwasannya semua unit usaha ini merupakan salah satu dari wakaf gontor dan yang mengelola semuanya adalah Alumni dari pondok gontor bukan dari karyawan dan tidak mendapatakan gaji ini adalah salah satu bukti pengabdian terhadap pondok yang telah memberikan ilmu pengetahuan, ilmu kehidupan dan ilmu kemasyarakatan. Setelah itu dilanjutkan dengan diskusi terkait sharing mengenai wakaf di gontor dengan narasumber Al Ustadz Khoirul Umam, M.Ec sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor. Beliau menjelaskan bahwasannya seluruh apa yang ada di Pondok Gontor dan Universitas Darussalam (UNIDA) semuanya adalah wakaf. Wakaf adalah memberikan dan menyerahkan sesuatu dengan mengharap ridho Allah SWT, karena status kita di muka bumi ini adalah sebagai hamba. Pada penutupan acara kunjungan Universitas Putra Malaysia (UPM) mengadakan acara Gala Dinner yang dihadiri oleh Rektor UNIDA Gontor Prof, Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. Wakil Retor I Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Phil dan Wakil Rektor II Dr. Setiawan bin Lahuri M.A beserta dosen-dosen fakultas Sains dan Teknology dan Fakultas Ekonomi dan Manajemen, kemudian diakhiri dengan memberikan cindramata kenag-kenagan dari kedua pihak.

ed. Akmal Fauzan s

2 Comments

Leave a Comment