‘Assabiqunal Awwalun’ FEM Kampus Putri

Mantingan“Gontor ingin melahirkan Ulama yang intelek, ada ulama jago bahasa arab dan mengusai kitab-kitab tapi dia tidak tau politik, ekonomi, makna perjuangan, ..dst, ada juga nasionalis dia tahu politik, ekonomi, pendidikan tinggi, tetapi dia tidak tau tentang agama…”, kutip Dekan FEM Dr. Khoirul Umam, M.Sc., dalam kegiatan pembekalan singkat tentang pengabdian calon wisudawati FEM (26/06/2020). Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa dosen FEM kampus putri.

Para Mujahidah FEM Kampus Putri Mantingan ‘Assabiquuna Awwaluun’

Hakikat hidup adalah ibadah, maka wujud dari sebuah pengabdian yaitu mengabdi kepada Allah. Pengabdian merupakan buah dari sebuah pendidikan, bagaimana kita mempertanggungjawabkan ilmu yang telah kita terima dan dapatkan untuk diterapkan dalam wujud sebuah pengabdian. Itulah kenapa di Gontor kemudian, ujian akhir daripada anak-anak disebut pengabdian. Esensi daripada sebuah pengabdian adalah keberhasilan pendidikan Islam.

Ujian (pengabdian) ini minimal sebagai tanda terakhir kita mencicipi hakikat kehidupan, hakikat pendidikan yaitu mensumbangsihkan ‘bondo, bahu, pikir, lek perlu sak nyawane pisan’, kepada apa yang kita bisa lillahi ta’ala. “kalau kita menggunakan bahasa nabi antunna semua merupakan “assabiquna al awwaluun”, orang-orang pertama, yang disitu UNIDA putri belum ada apa-apa…”, tambahnya.

Pembekalan Pengabdian Calon Wisudawati

Pengabdian menjadi salah satu dari bentuk sebuah perjuangan, perjuangan yang dicita-citakan para kyai Gontor.

وَٱلَّذِينَ جَٰهَدُواْ فِينَا لَنَهۡدِيَنَّهُمۡ سُبُلَنَاۚ وَإِنَّ ٱللَّهَ لَمَعَ ٱلۡمُحۡسِنِينَ

“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (al Ankabut; 69)

Dosen FEM dan Calon Wisudawati FEM

Alhamdulillah untuk calon wisudawati perdana Fakultas Ekonomi dan Manajemen berjumlah 26 mahasiswi dengan rincian 14 mahasiswi Program Studi Ekonomi Islam dan 12 mahasiswi Program Studi Manajemen. Mereka semua kita sebar keseluruh sektor yang ada di kampus UNIDA Putri dan beberapa diantara mereka pengabdian di luar kampus. (M.Huda)

Leave a Comment