UNIDA Gontor – Menarik untuk dikaji dan kajian ini tidak akan pernah hilang bahkan akan terus berkembang, yaitu kajian tentang wakaf. Ketertarikan ini menjadikan Universitas Darussalam Gontor mendirikan sebuah pusat studi yang diberi nama ICAST (International Centre for Awqaf Studies). Additional Visit kita menyebutnya agar mereka mengerti dan mengetahui bahwa di UNIDA ada Pusat Studi tentang wakaf dan ini mungkin bisa dikatakan satu-satunya pusat studi yang fokus membahas wakaf dan mempraktekkan wakaf itu sendiri.

Dalam Welcome & Greating di lama website ICAST Prof. Dr. K.H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A., M.Phil. mengatakan “Waqf is a pivotal Islamic philanthropic tradition that had historically longstanding achievement in bringing Muslim prosperity and welfare. However, this tradition is now almost idle in the Muslim society. ICAST is a strategic attempt to revive such a tradition through modern method of education in response to current economic challenges.”

Foto Bersama di Depan Kantor ICAST

Selama kunjungan ke Ponorogo peserta Economic Visit menyempatkan diri untuk berkunjung ke UNIDA yang mana ini merupakan kampus mereka sendiri atau kita sebut dengan kampus pusat. Hal ini mempunyai daya tarik sendiri, yaitu jarak yang cukup jauh dan akses tebatas antara kampus putri dan kampus putra menjadikan velue tersediri. Pada kesempatan kali ini peserta EV langsung disambut oleh Direktur ICAST Ust Syahruddin, M.Sc., Fin dan Wakil Direktur ICAST Ust Mufti Afif, Lc., M.A.. Ddukasi singkat dan sharing session menjadikan mahasiswi merasa ternyata wakaf tidak sesederhana yang mereka bayangkan. (M.Huda)

Selengkapnya bisa mengunjungi website ICAST Universitas Dasrussalam Gontor http://icast.unida.gontor.ac.id/