9 Jurus Memulai Usaha Kuliner (1)

Ibrahim adalah alumni Program Studi Ekonomi Islam UNIDA Gontor yang sedang membangun usaha kuliner di kota Yogyakarta. Pada tahun ke-4 usahanya, ia berkesempatan mengunjungi almamaternya dan berbagi pengalaman dan tips menjalankan bisnisnya. Berikut 9 jurus mautnya…..

1# NIAT : Perbaharuhi niat dan niatkan semata2 untuk ibadah, Insha Allah berkah
2# VISI: Visi dan Misi-nya harus jelas, selaraskan dengan niat awal, tentukan arah dan tujuan mau kemana bisnis ini akan dibawa.
3# PLANNING: Buat perencanaan yang matang, sesuaikan dengan kapasitas dan kualitas diri, jangan terlalu ambisius, dan perbanyak sharing dengan pembisnis yang lain!
4# STRATEGI: Buatlah strategi seunik mungkin, se-valid mungkin dan sedetail mungkin, serta buatlah konsep berdasarkan segementasi pasar. Sesuaikan dengan tren saat itu dan yang pasti untuk semua itu berdasarkan dari survei dan observasi di daerah sekitar serta komparasi dengan tempat bisnis yang sesuai dengan konsep yang mau kita jalani!
5# KUALITAS: Kualitas produk harus sangat diperhatikan berdasarkan minat dan konsep kita, buatlah SOP makanan secara detail dan penuh perhitungan, berdasarkan dengan testimoni dan try and error.

Bersambung….

Leave a Comment