Bosan.. gak tau mau ngapain…, hei bro !!! 2021 masih nganggur?? Sudahlah tinggalkan kebiasaan adaptasi kita dengan pandemi ini di tahun 2020, mari kita mulai dengan sesuatu yang produktif di tahun 2021 ini. Banyak hal yang bisa dipelajari dan yang dihasilkan jika kita mengawali hari-hari dengan cara yang benar.

Kali ini kita akan memberikan 7 tips yang menarik untuk kalian lakukan.

  1. Awali hari mu dengan sholat shubuh berjamaah tepat waktu.

Jika kita mengawali hari mu dengan sholat shubuh tepat waktu, secara tidak langsung kalian juga akan bangun tidur tepat waktu. Air wudhu di waktu shubuh sangat lah menyegarkan wajah dan membuat kita segar dan bersiap mengawali hari, dan jangan lupa setelah sholat shubuh sempatkan untuk membaca Al-Quran yaaa.

  • Rencanakan apa yang akan dikerjakan pada hari itu

Di pagi hari adalah waktu yang tepat untuk merencanakan hal-hal yang produktif, karena setelah badan dan fikiran kita di-refresh pada malam hari maka fikiran dan badan kita dapat berfikir dengan jernih, dan jangan lupakan untuk mengatur waktu agar terjadwal dengan rapi.

  • Atur pola makan yang sehat dan teratur

Makanan bagi manusia adalah seperti bahan bakar, tanpa makanan manusia akan jatuh dan tidak bisa bergerak. Tetapi makanan pun haruslah yang bergizi dan sehat, sangatlah sia-sia jika kita meng konsumsi makanan yang tidak bergizi bahkan merugikan bagi tubuh, seperti makanan yang mengandung banyak bahan pengawet, MSG (Monosium Glutamat) dan lain-lain.

  • Olahraga teratur

Hanya bermodalkan mengkonsumsi makanan yang bergizi pun belum cukup bagi kesehatan tubuh. Tubuh pun butuh dilatih dan beraktivitasm seperti olahraga  dan melakukan pekerjaan ringan lainya. Olahraga dianjurkan dilakukan pada pagi hari, karena udara masih belum tercemari oleh polusi kendaran dan aktivitas lainya. Olahraga yang dianjurkan untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh adalah jogging, bersepeda, ataupun senam. Tapi perlu diingat dalam berolahraga tidak baik untuk memaksakan jika badan dalam kondisi tidak fit ataupun dalam kondisi kelelahan

  • Hindari lingkungan yang negatif

Eits…, bukan berarti kita pilih-pilih teman, tetapi memang lingkungan sangat mempengaruhi kinerja kita sehari-hari. Carilah lingkungan yang mendukung keproduktifan kamu sehari-hari, berkumpulah bukan hanya dengan orang yang membuat anda tertawa saja, tetapi juga bergabunglah bersama orang yang membuat anda berfikir jauh kedepan.

  • Tidak hanya sekedar sibuk

Produktif bukan berarti waktu untuk bersantai pun tidak ada, namun produktif itu adalah bagaimana kita mengatur semua aktifitas kita dapat dilakukan dengan tujuan yang berguna dan produktif. Jika anda sedang berselancar di dunia internet, jangan sampai anda tergoda membuka website lain yang tidak bermanfaat, tetap fokus pada tujuan anda.

  • Mandi di pagi dan sore hari

Sekarang banyak orang melakukan pekerjaan nya dirumah, sekolah di rumah, mengajar dirumah, melakukan segala sesuatu di dominasi bertempatkan dirumah. Itu membuat sebagian orang beranggapan “Ah buat apa mandi, toh kita tidak ketemu orang lain selain keluarga”. Ini adalah suatu pandangan yang salah.  Padahal mandi pagi hari sangat berguna bagi tubuh dan pikiran kita, menyegarkan pikiran, membuat badan lebih fresh, agar dapat berfikir lebih jernih. Sedangkan mandi sore hari membuat badan kita bersih dan fresh setelah bekerja dan beraktifitas dari pagi sampai sore, sehingga kita bisa beristirahat dengan tenang ketika malam.

Begitulah beberapa tips dari saya, berproduktiflah selagi anda masih diberikan kesehatan, jangan lah kalian berfikir “ Ah, aku kan masih muda, mau menikmati masa muda dulu laah, mau happy-happy dulu kita, nanti aja kerja keras nya”. Bersenang-senang boleh, tetapi kalian harus tahu porsi dan kewajiban kalian. Jangan sampai kalian menyesal ketika tua nanti, karena sejatinya waktu kosong akan merusakmu.

Rayhan Ahmad Zaki
Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam
Universitas Darussalam Gontor

Leave a Comment