Menuju 5 Agenda Besar FEMFEST 3.0 2020

Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen mengatakan ada 5 agenda besar dalam kemeriahan FEMFEST 3.0 tahun 2020 ini. Agenda itu menyangkut soal ekonomi, pendidikan jasmani hingga kajian Islami. Hal itu disampaikan Dekan FEM, Al Ustadz Khoirul Umam, saat selesai melaksanakan sholat hajat berjama’ah bersama dosen dan mahasiswa FEM di Masjid Jami’ UNIDA, kamis malam lalu (13/02/2020).

Ceramah Selepas Sholat Hajat Berjama’ah Menuju FEMFEST 3.0

Agenda pertama adalah soal pendidikan jasmani. Sebagai agenda pembuka, agenda yang memberikan energi positif, FEM Robic dan Family Gathering Keluarga Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen akan digelar pada hari Ahad, 16 Februari 2020. Semangat FEM Robic diharapkan akan menjadi tolok ukur kesemangatan menuju pagelaran FEMFEST 3.0 di hari-hari setelahnya. Acara silaturrahim akbar antar keluarga dosen-dosen FEM akan menjadi kenangan tersendiri dan menjadi acara yang ditunggu-tunggu oleh ibu-ibu FEM sejak pelaksanaannya tahun lalu.

Agenda besar kedua ialah Grand Opening FEMFEST 3.0 yang akan dibuka oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Prof. Wimboh Santoso, Ph.D. Beliau juga akan memberikan kuliah umum dalam acara grand opening ini. Dalam agenda ini, panitia mengambil kesempatan untuk menjalin kerjasama dengan OJK dalam hal Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penandatanganan MoU antara UNIDA Gontor dan OJK juga akan menjadi highlight tersendiri dalam acara FEMFEST 3.0 tahun ini.

Selain itu, terdapat dua seminar lainnya dalam rentetan acara FEMFEST 3.0, yakni Seminar STIFin. Tujuan seminar ini adalah untuk mengetahui potensi dan karakter diri agar lebih bermanfaat, melakukan perubahan besar, dan memetakan kekuatan diri melalui tes STIFin. Selain itu, juga ada Seminar Nasional dengan tema “Masterplan Ekonomi Syariah di Era Industri 4.0 Menuju Society 5.0 Guna Menguatkan Industri Halal Value Chain” yang akan disampaikan oleh Guru Besar Bidang IImu Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prof. Dr. Raditya Sukmana, S.E., M.A.

Agenda ketiga adalah soal penguatan rohani melalui kajian Islami. Tabligh akbar akan disampaikan oleh Da’i Dompet Dhuafa, Bapak Ahmad Pranggono. Kajian ini bertema “Pemuda yang Dirindukan Syurga”. Kajian ini akan dilaksanakan di Masjid Jami’ UNIDA Gontor dan dibuka untuk seluruh pemuda dan pemudi yang rindu dan dirindukan Syurga-Nya.

Agenda keempat, yakni agenda inti dari FEMFEST 3.0 ialah olah fikir di bidang Ekonomi dan Manajemen. Islamic Economics Competition (IESCO) dan Entrepreneur Days (E-Days) akan digelar dan diikuti oleh kurang lebih 200 mahasisiwa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Dari Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran,
Institut Agama Islam Tazkia, dan masih banyak lagi kampus-kampus yang akan ikut bertanding dalam ajang perlombaan ini. Tentunya kampus kita, Universitas Darussalam Gontor juga akan mengirimkan delegasi terbaiknya untuk berjuang memenangkan perlombaan. Ajang perlombaan ini akan ditutup dengan malam keakraban antar peserta dalam acara Gala Dinner. Semoga hospitality panitia FEM dalam menjamu para delegasi perguruan tinggi ini dapat memberikan kesan yang indah bagi seluruh peserta.

Agenda kelima, yakni agenda teakhir adalah malam penghargaan bagi tokoh-tokoh masyarakat di sekitar Ponorogo, FEM Awards 3.0. Tahun ini merupakan kali ketiga FEM memberikan penghargaan bagi instansi-instansi yang memiliki peran dalam pembangunan ekonomi maupun kesejahteraan masyarakatnya. Tahun ini akan ada 5 kategori FEM Awards, yaitu Lembaga Zakat Terbaik, Masjid Teraktif, Kopontren Terbaik, UMKM Terunik dan BMT Teraktif. Semoga penghargaan yang FEM sematkan kepada para penerima nominasi ini dapat menjadi penyemangat dalam bekerja lillahi ta’ala.

Semoga acara yang akan digelar pada hari Ahad hingga Rabu, 16 – 19 Februari 2020 dapat berjalan dengan lancar tanpa suatu kendala apapun. Panitia mengharapkan partisipasi segenap civitas akademika Universitas Darussalam Gontor, untuk ikut memeriahkan pagelaran FEMFEST 3.0 tanpa paksaan dari pihak manapun. (masrifah/designer: robby hidayat)

Leave a Comment