DISTONGSA; Bersih Itu Indah

Mantingan-pada hari jum’at tanggal 11 September 2020 GenBI Komisariat UNIDA melakukan kegiatan pendistribusian Tong Sampah (DISTONGSA) yang di letakkan di Depan Kelas. Tujuan dari tong sampah ini agar Mahasiswa UNIDA sadar dan kebersihan di lingkungan sekitar. Karena sampah merupakan material sisa yang tidak terpakai lagi dan dilepaskan ke alam dalam bentuk padatan, cair maupun gas. Sampah, kerap kali menjadi masalah apalagi saat era modern seperti ini ketika populasi manusia semakin banyak dan tingkat kesadaran akan sampah rendah. Sampah merupakan hal yang sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia karena tidak mungkin ada satu manusia yang tidak membuat sampah. Hal ini ini kemudian memunculkan masalah baru yaitu sampah berserakan dimana mana dan menganggu lingkungan dan kesehatan.

DISTONGSA Setiap Asrama di Kampus

Membuang sampah tidak cukup hanya membuang saja namun juga harus diikuti dengan pada tempatnya. Saat kita membuang sampah pada tempatnya kita membantu siklus hidup yang ada di tanah, saat sampah plastik seperti botol dibuang sembarang itu akan sulit di uraikan di tanah butuh beratus ratus tahun untuk menguraikannya. Dalam hal ini kami dari GenBI UNIDA ingin mengelola dan mendistribusikan sampah botol ini agar bisa di daur ulang dan nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat.

Untuk itu perlunya kesadaran setiap Mahasiswa dan warga sekitar kampus akan pentingnya kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar. Adanya tong sampah ini sebagai bentuk pengetahuan bagi Mahasiswa akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

Manfaat yang kita dapat dari membuang sampah pada tempatnya:

  1. Menjaga kebersihan
  2. Mencagah banjir
  3. Memudahkan daur ulang sampah
  4. Mencegah kerusakan air dan tanah
  5. Agar rapi dan indah

Semoga dengan adanya gerakan ini dapat menjadi inspirasi, agar tetap menjaga kebersihan dan peduli lingkungan. Bumi ini sudah rapuh jika bukan kita yang menjaga bumi kita lalu siapa? Ayok!! Kita saling melindungi lingkungan kita dan Bumi kita yang tercinta. GenBI Energi Untuk Negeri. (Kris)

Leave a Comment