KSEI UNIDA BERGERAK!! Semangat DIKLAT Ekonomi Islam !!!

Diklat Ekonomi Islam adalah kegiatan pengenalan calon anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Kelompok Studi Ekonomi Islam Universitas Darussalam Gontor (UKM KSEI UNIDA). Acara ini bertujuan untuk mengenalkan calon anggota KSEI UNIDA mengenai organisasi, kegiatan, keilmuan yang ada di UKM tersebut. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 08-14 Juli 2020 yang di ikuti 31 orang calon anggota KSEI UNIDA.

Para peserta yang antusias pada acara fun game

Didalam acara ini ada beberapa kegiatan yang diikuti oleh teman-teman calon anggota, yang pertama ada fun game. calon anggota akan berkompetisi untuk menjadi pemenang dalam permainan yang dimana mereka akan mengasah otak, kerja sama tim, dan melatih untuk meninggalkan keegosian, dan juga permainan ini dibungkus dalam permainan yang menarik.

Kajian malam bertemakan “Nilai dan Prinsip Ekonomi Islam

Pada malam hari teman-teman calon anggota mengikuti kajian yang disediakan oleh panitia dalam rangka untuk memperkenalkan dan sharing mengenai keilmuan yang akan disampaikan. Adapun teman kajian malam ada dua kali sesi, sesi pertama mengenai “Nilai dan Prinsip Dasar Ekonomi Islam” dan sesi kedua mengenai “Ke-KSEI an & Ke-FOSSEI an” Teman-teman calon anggota sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini, terbukti dengan antusias mereka dalam menanyakan petanyaan dan semua memperhatikan pemateri dengan baik.


Diskusi Subuh bersama para calon anggota KSEI

Setelah subuh diadakan sesi diskusi subuh, diskusi subuh ini membahas mengenai tema-tema yang ringan untuk dibahas agar memudahkan teman-teman dalam menyampaikan pendapat. Adapun tema yang diangkat dalam diskusi subuh ini ada dua kali sesi, sesi pertama “Studi Kasus tentang Riba” sesi kedua “Lebih Baik mana Loyalitas atau Kapabilitas?” Kegiatan ini bertujuan untuk menimbulkan keinginan calon anggota untuk berfikir dan mampu mengutarakan pendapat yang ingin disampaikan oleh masing-masing orang.


Foto Bersama Setelah penutupan Kegiatan Diklat Ekonomi Islam

Penutupan kegiatan ini dilaksanakan pada Ahad, 14 Juli 2020 yang dilaksanakan di Hall CIOS dalam acara ini terdapat beberapa agenda yaitu pesan dan kesan dari anggota selama mengikuti kegiatan Diklat Ekonomi Islam, pelantikan anggota baru KSEI UNIDA, dan beberapa penampilan dari seluruh anggota dan pengurus KSEI UNIDA.

Ghazy Triyatno
Mahasiswa Ekonomi Islam

Leave a Comment